Prologue: UK is Calling for ILP!

Assalamualaikum hallo semuanya! Selamat tahun baru ๐Ÿ™‚

Finally, setelah hampir 3-4 minggu ga nge-blog saya muncul dengan tulisan baru yang bikin semua beberapa orang penasaran hehe *geer*
Padahal saya masih utang beberapa crita di Taiwan, tepatnya Taipei. Hihi tapi pending dulu yaaa… I promise I will continue about Taiwan, soon!

***

Anyway, saya yakin banget pasti ada pertanyaan setelah baca judul yang norak2 bergembira ini… ILP? Apaan tuh? Tempat kursus Bahasa Inggris? Huehe pasti deh ada yang ngomong gitu. But no worries, sekarang saya coba jelaskan dari awal apa itu ILP, bagaimana background program nya, funding nya gimana, proses nya, and of course… final preparationnya ๐Ÿ™‚

Sebenarnya sih saya sempat singgung masalah ILP ini di postingan saya beberapa bulan lalu, which you can check in this link:ย DISINI LOH!ย But, itu baru sekelumit cerita awal-nya, dan ternyata everything is beyond my expectation. Seru ๐Ÿ™‚

Sekitar akhir Mei atau awal Juni 2016 kemarin, saya melihat informasi mengenai ILP di salah satu website, yaitu di websiteย INIII!ย Nah saya langsung berasa deja vu.. karena dulu salah seorang senior di Univ.Andalas (namanya Kak Ria) sempat memberitahu saya untuk ikut program ini (kalo tidak salah, waktu itu sekitar tahun 2010, ketika saya sedang menyelesaikan thesis s2). Tapi saatย itu, saya belum percaya diri, belum ‘matang’, dan bahkan belum berkontribusi sedikitpun bagi orang banyak (baca: masyarakat). Gimana mau jadi pemimpin?! Hehe itu pikir saya. Karena, ketika saya baca informasi mengenai ILP, program ini sungguh jauh dari diri saya saat itu. Program ILP ini akan melatih kita untuk menjadi seorang pemimpin (entah itu bagi diri sendiri, orang lain, bahkan publik). That called leadership. And at that time, I think its hard for me. Seorang gadis jelang 25 tahun yang kesehariannya ‘cuma’ ngajar Bahasa Inggris di tempat les/bimbel ga branilah ngimpi ingin ikutan program keren itu… Lagian, waktu itu diperlukan statement letter bahwa ada institusi/organisasi yang bisa guarantee kita untuk implement program sepulangnya kita ke Indonesia. “Okay, fine.. this is not my cup of tea” pikir saya waktu itu.

But, impian itu tetap saya simpen di dalam relung hati paling dalam. Ya iyalah siapa yang gak ingin ke luar negeri gratis, ketemu dengan para inspirator dan leader dunia, pasti maulah! Udah jalan2 gratis dapet ilmu pula. Ya kan? Then of course time flies… Sampai akhirnya awal 2015 saya berlabuh di LIPI, dimana kegairahan saya untuk maju menjadi besar.

Image result for cute symbol united kingdom

Pic source: google.com

Singkat kata, pertengahan tahun 2016 saya coba apply ILP for the very first time. Dan Alhamdulillah lolos. Tapi otomatis gak bisa main berangkat gitu aja dong ke UK!!! Kudu ngurus visa juga, and that’s makes me quite dizzy. Thank God ada Mbah Google dimana itu memudahkan saya untuk mencari informasi serta kepo mencari tahu tentang blog2 yang pernah membahas tentang pengurusan visa UK. Tapiii… gak ada yang pas 100% sama saya, huhu.. Ya udah akhirnya saya searching sendiri informasinya… akhirnya nemulah website yangย INIII!!!ย Jadi visa ke UK itu ternyata gampang2 susah jika dibandingkan dengan mengurus visa Schengen. Yap, ada berbagai macam visa ke UK, entah itu untuk kunjungan (ke UK as a tourist), untuk skolah yang durasinya lebih dari 6 bulan, untuk berobat, bahkan untuk bisnis! Nahhh, kalo ikutan ILP ini visa nya masuk kategori mana donggg? You must be surprised, karena jika ada training kaya saya ini, visa nya dikategorikan sebagai visa bisnis.ย 

Pasti pada penasaran kan gimana caranya ngurus visa UK? Sip, no worries, pantengin terus postingan saya, coz I will tell you about visa thingy in the next post ๐Ÿ˜‰

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s