A bit info about NFP #2

Assalamualaikum!

Hayuuks kita lanjut postingan sebelumnya. Masih ngebahas NFP juga nih. Kali ini gimana cara ngurus visa, apa aja syarat2nya, proses di Kedutaannya gimana dan blablablaaa…
Alrighht…capcus…

Setelah deg2an nungguin e-mail cinta dari NFP (yang menyatakan bahwa gw dapat fellowship dari mereka), akhirnya saatnya ngurus visa. Of course bagian ini penting banget, karena you cannot enter Netherlands if you don’t get the visa. Tapi ternyata banyak bgt halangan pekerjaan yang menyebabkan gw selalu mem-pending ngurus visa. Entah itu karena gw diklat prajab (dan dirempongkan dengan seluruh tugas2 Prajab), atau karena gw ke lapangan (Mentawai) or even karena gw susah kluar kantor *biasalah akhir tahun kantor selalu disibukkan dengan penulisan laporan/buku untuk capaian tahunan* pokoknya selaluuu… saja rempong!

Cuma tetap ada lucky factor that helped me! Jadi gini, enaknya visa Schengen, kita boleh mengurus segala macam dokumennya at least 2 weeks before our departure. Yeaaay. Karena berangkat akhir Januari itu artinya selama medio awal Januari masih bisa diurus yesss! Syukurlah! Untuk kelengkapan semua syarat visa Schengen, bisa dilihat disini ya:
http://www.schengenvisainfo.com/

atau kalo mau apply visa langsung ke Kedubes Belanda, bisa buka link yang ini:
http://indonesia-in.nlembassy.org/organization/bagian-dalam-kedutaan/konsuler/visa-schengen/visa-schengen.html

Disitu ada terms and conditions nya kok. Gimana cara ngurus visa, apa dokumen yg kudu disiapin. Pokoknya kumplit! Silahkan di cek dengan teliti ya… Karena untuk visa pelajar, turis atau keluarga syaratnya beda2 gitu… So you have to make sure tujuan kita ke Belanda ngapain.

Advantages for Being NFPers

Nah sebagai seorang penerima fellowship dari NFP, gw dapat privileges yang luar biasa. You must be say, “oh really???” Jawabannya YES! Nah apa aja dong keuntungan sebagai penerima beasiswa NFP? I will tell you…

  1. Karena kita dapat fellowship NFP, kita dibekali surat/dokumen resmi dari NFPnya. Begitu sampai di Kedubes, cukup tunjukkan dokumen itu mereka akan membantu dengan cepat. Oya, dokumen yang diberikan oleh NFP mencakup; LoA, insurance selama di Belanda, tiket pesawat PP, terus surat resmi tentang akomodasi (hotel) dimana kita akan menginap. Can you imagineee? Complete package! Yeaaay bobonya di hotel Hof van Wageningen. Jadi NFP benar2 menjamin kita nyaman untuk tinggal dan belajar selama short-course. Ga ada cerita jadi gembel di Belanda wkwkw…
  2. And as NFPers, kita tetap harus melewati proses layaknya orang lain. Ya ngisi form Schengen visa dan antri! Hahaha… Tapi, begitu giliran pembayaran visa alias payment for visa, KITA TIDAK BAYAR SAMA SEKALI, ALIAS GRATISSS! Yap! All we need is just show our documents and say to the officer that we are NFP fellows!
  3. Terakhir, sebagai seorang penerima fellowship dari NFP, inshaALLAH visa kita akan diapprove. Belum pernah gw denger istilahnya pengajuan visa ditolak atau blablablaaa… So, it such a golden ticket to go to The Netherlands!

Oke lanjuttt…

Trus ngurus visa-nya berapa lamaaa??? Hm, karena gw ngurus visa baru tanggal 6 Januari kemarin, jadi gw kena peraturan baru. Kalo tahun 2015 pengurusan visa Schengen hanya memakan waktu selama 3 hari kerja, nah untuk tahun 2016 mereka menetapkan bahwa untuk pengurusan visa akan memakan waktu 5 hari kerja alias seminggu. Ya gapapa lah yaaa… Sometimes kalo kita sabar akan lebih worthed! Hehee…

Berikut tampilan visa Schengen gw yang udah diambil seminggu setelahnya 😀

Visa is done. Saatnya berkemas. Itu gak kalah heboh dan rempong haha… Kudu nyiapin coat (karena di Belanda masih dinggggin bgt) harus bawa inilah itulah banyak bangettt! Yah secara bakal stay lebih dari 2 minggu kan, jadi ga boleh ada yang tinggal 😀

That’s all about the pre-departure to The Netherlands. Masih banyak cerita seru, indah dan menyenangkan selama di Belanda and I will share to you as soon as possible! 😉

#StayPositive #StayAwesome semuaaa!

Advertisements

One thought on “A bit info about NFP #2

  1. novaresfita February 19, 2016 / 4:31 am

    iih kakak..kok poto kita mirip ya???? hahahaa ciyus sumpah mirip deh 😀
    kapan ke eropa kak? mampir aachen yaaa 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s