Bus Transjabodetabek dan Keinginan Membeli Rumah di Daerah Sub-Urban Jakarta

Assalamualaikum! Selamat pagiii…

Oh well, hari ini gw bangun pagi banget (karena hari Senin and the traffic will be sooo hectic), maklum Jakarta! Jadilah pukul 05.15 pas habis subuh banget, gw cuuz melipir ke halte busway salemba untuk menunggu busway yang akan membawa gw ke kantor gw di daerah Gatsu.
Setelah menunggu sekitar 10 menit, dateng juga busway jurusan PGC (FYI, gw harus naik busway arah PGC dulu, untuk kemudian turun di BKN dan nyambung busway arah grogol) that’s my daily routine 😛

Masuk busway jurusan PGC, otomatis mata langsung ngantuk, dan zzz…zzz… tidurlah gw. Perjalanan dari salemba ke BKN memakan waktu sekitar 30 menit. Gw udah hapal bgt, because I did it since February 2015 hahaa…
Jam 05.50, gw sampe di BKN. Di halte masih sepi bgt, cuma ada gw dan seorang Ibu2 yang juga lagi nunggu busway arah grogol. Gw dan Ibu2 itu ngobrol sebentar…
Gak brapa lama, dari kejauhan, ada busway warna biru yang kliatan kinclong banget alias masih baru boo… Bus itu makin mendekat, dan terlihatlah tulisannya, BUS TRANSJABODETABEK.

Nah, apa itu Bus Transjabodetabek??? Transjabodetabek merupakan layanan bus yang khusus melayani rute Jakarta dan kota-kota penyangga. Saat berangkat dari kota penyangga, bus ini akan beroperasi di jalan reguler. Namun, setelah memasuki kota Jakarta, bus yang dibeli Kementerian Perhubungan ini akan melintas di jalur bus transjakarta atau busway (sumber: kompas.com)

Jadi… kalau kita pengguna setia busway dan tinggal di daerah kawasan Ibukota Jakarta, kita boleh menaiki bus tersebut (karena bus itu melewati jalur busway). Tapi kalau kita menaikinya sampai keluar kota Jakarta ada tambahan biaya sebesar Rp. 9000,- bisa di klik link ini untuk info dan beritanya:

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/24/06320311/Hari.Ini.Transjabodetabek.Bekasi.Depok.dan.Tangerang.Mulai.Beroperasi

Pic courtesy : google.com

Oh well, itu artinya semakin massive-lah pembangunan hunian di kota2 penyangga seperti Bodetabek. Ya iyalah, skarang aksesnya makin banyak aja, ada APTB, Transjabodetabek, Commuter, dll… Makin memudahkan 😀
Dan untuk manusia migran kaya gw, pastinya ini solusi bagus, karena toh lama klamaan akan beli hunian di Jakarta (dan tentu saja kota penyangga). Karena, heeeii… gw akan di kota ini sampe pensiunnn… (pe-en-es rules!)

Gw mikir, gak mungkin gw akan ngekos terus2an kan… Nyumbangin duit ke Bapak kos sampe kapan cobaaa? Gw juga inginlah punya rumah sendiri yg gw beli pake hasil keringat dan jerih payah sendiri. Even pun nanti blum tentu ditinggali, but at least untuk investasi 🙂

Beberapa temen kantor ada yang menyarankan beli rumah di Depok dan Bogor karena masih terjangkau. Selain itu, lokasinya masih bagus dari sisi kualitas udara dan kenyamanan tinggal. To be honest, gw bukan tipikal apartment-minded yang tinggal di kota besar, yang aksesnya gampang kmana2, tapi hunian gw tanpa halaman atau ruang hijau. Im not that kinda girl. Jadi,,, mulai ancang2lah menabung utk beli rumah, Lenggaaa… Pengen rumah yang ada tempat nanam pohonnya kan??? Hahaha, iya Aamiin Bismillah mau bangetttt 😀

Dan bicara soal harga rumah di kawasan penyangga, di grup Newbie P2K kemarin, mas Puguh dan mas Anggi (genk cpns gw) sempet kirim2 info soal harga rumah di Depok dan Bogor, well.. mahal sih… > 300 jutaan *weksss!* Tapi itu masih murahlah dibandingkan rumah di Jakarta yang udah berharga M-M’an… (gak kuat)
And you know what, soal pembangunan rumah/hunian yang makin massive di kota penyangga ini merupakan isu utama studi kluster gw loh! Kan tentang fenomena pembangunan perkotaan dan kota2 penyangga serta kaitannya dengan risiko bencana hehee… well next akan ada tulisan gw tentang ini… (will upload it soon!)

Weeeuheuu,,, back to realityy!!!
Apa sih pagi2 udah bahas rumah ajaaa…
Cari suami/pasangan hidup duluu, baru ngomongin rumah wkwkw okay pemirsah, ini prematur banget pembicaraannya 😛
Ya sudahlah mari kita membuat laporan Mentawai sajaaa… Have a great Monday semuaaa 🙂

Leave a Reply

