Its Gonna Be My Very 1st Solo-Travelling to Bangkok!

Assalamualaikum…

Hufffh, mari sedikit inhale-exhale mengingat isi dompet yang mengurang drastis sehabis lebaran… Tapi well prinsip dasar gw adalah, sebanyak apapun gw menghabiskan uang untuk kluarga, after that, gw pasti dapat gantinya yang jauh lebih besar, gw percaya itu, Aamiin πŸ™‚

Owkayy, sekarang balik ke judul postingan ini… “My very 1st solo-travelling to Bangkok”. Loh, apa maksudnya??? Bangkok? Bukannya udah kesana pas tahun 2009 bwat skolah? Apa masih belom puasss? Hahaa… its not about satisfaction ya, tapi keharusan. Yep, gw kudu kesana, mengingat gw sudah mengirimkan paper gw ke ajang ICONAS 2 (International Conference on ASEAN Studies) dan gw harus mempertanggungjawabkannya mempresentasikannya disana, tepatnya Chulalongkorn University πŸ˜€

Yupps, acara ICONAS 2 itu akan digelar tanggal 3-5 Agustus 2015 di Chulalongkorn University, dan gw kebagian presentasi hari pertama! Topik yang gw usung adalah “Women’s Access and Control to Land Resources in Southeast Asia:Β Does Patriarchy System Still Exist?” and you may see the abstractΒ HERE!

Itu conferencenya FOR FREE!!! Oh well, FYI gw ga suka ikut conference yg mengharuskan gw membayar semacam early bird registration and blablablaaa… *mnurut gw itu silly! Lah kita yg punya paper, masa kita yg bayar cobaaa. Absurd! Jadi, ini conference-nya gratisan! Yang perlu gw cover hanya tiket PP saja, which is quite cheap! *dibanding tiket mudik its much much muccch cheaper for sure! Dan yg pasti, ada 10 awards utk 10 paper terbaik, well, gw pengennnn huaaah lumayan hadiahnya, 1000 USD hehe… Tapi gw inget lagi, banyak bgt akademisi/praktisi/peneliti yg ikut ini, dari seluruh dunia, dan hebat2, gw udah lolos seleksi aja udah seneng banget!!! Jadi gw gak mau berharap ketinggian! Hihi terpilih aja udah Alhamdulillah yaaah sesuatuuu πŸ™‚

So, tiket pergi cuuuz udah gw pesen. Yang murce ajah, pake Airasia! Hohoo.. Dan skarang gw sedang cek2 ombak, how to get there! LOHHH… KENAPAAA??? KOK MACAM YANG BARU PERTAMA KALI KE BANGKOK AJAAA….
Hiks, udah 6 tahun gw gak ke Bangkok and everything has changed! I tell you what are the different between 2009 and now 2015:

In 2009…

Pic. 1 ketika baru sampe Bangkok seminggu dan langsung nge-Mall! Masih noraakkk.. liat Mal macam luas 20x lapangan bola hahaha *ndesooo… Abaikan bentuk badan yg masih singset hahaa…

Pic. 2 pas pertama kali ke Grand Palace, sama Ni Rika dan Prof. Yona… jadul gila. Jilbab gw aja masih yg jilbab praktis langsung sorong ke kepala hahaha…

Pic. 3 pas lebaran di KBRI. Sebagai mahasiswa yg hidup dr beasiswa, ga mudah bagi gw utk cabcus ke Indo, jadilah gw lebaran disana tahun 2009…

Itu foto2 kenangan gw semasa di Thailand… Dan eng ing enggg… di 2015 ini, gw mikirin dan rempong sama hal2 kaya bginiii…

  • AIRPORT THINGY… Dulu gw mendarat di Suvarnabhumi airport, dan skarang gw akan mendarat di Don Mueang airport, which is very very veryyy different with Suvarnabhumi. Oke, itu point pertamanyaa! Otomatis, gw kudu tau what is the safest transportation from Don Mueang ke Chulalongkorn University. Dan gw sebagai mantan backpacker, sudah tanya2 ke rekan2 traveller di trip advisor jugaaak, dan smuanya serentak menjawab bahwa moda transportasi teraman sejagad raya Bangkok adalah taksi! Sip,,, oke fixx,,, dulu tahun 2009 gw seringnya make van (semacam mobil daihatsu gitu yg muat 10 penumpang) beda dari sekaranggg! Hiks. Gw juga sdh tanya2 ke Mba Luluk (Mbakku zaman2 di AIT, Thailand) yg baru dari Bangkok, katanya juga gituuu… naik taksi aja, aman dan nyaman! Eitsss tapiii… harus ada petunjuk (baca: peta – red) dalam bahasa Thai, dan harus diprintkan! And show it to the taxi driver! *yaelaah sama kaya zaman2 2009 gw kuliah sana yaaa… gw bela2in print peta in Thai version! Sip, NOTED!!!
  • SOLO-TRAVELLINGGG!!! Dulu ke Bangkok brangkat kuliah bertigaaa… sama Ni Rika dan Ni Yanti, sekarang sendirian ksana… Huhu but gpplah, bertambahnya usia harus makin mandiri kan? InshaALLAH bisa sendirian, dan gak akan apa2, selama nawaitu-nya baik, inshaALLAH gak akan knapa2 *that’s what my parents said to me, alwaaaysss*
  • MONEY NEY NEYY… Okee, ini bukan kendala sih, tapi salah satu hal yg gw pikirin jugaa… Dulu kan gw mahasiswa s2 beasiswa dengan double scholarship, dapet dari Ford Foundation juga, dari EU-ASIALINK project juga, jadi gw gak perlu rempong2 mikirin dutaa kalo ksana. Apa2 udah ada! Tiket udah ada, duit udah ada, semua siap siagaaa… Nah sekarang, gw memakai uang hasil jerih payah penelitian dan menulis untuk kesana. But gw gak keberatan sama sekali πŸ™‚ I just think that I have to go there, to present my paper and for travelling *hihi teteppp… Oke cuuuz jadi bukan itu rempongnya, rempongnya adalah soal menukar uang! Secara gw nekad traveller, gw biasanya nuker dollar ya pas di airport aja, without no preparation di Indonesia. Gw mikirnya, yo wislah dimana2 nilai tukar pasti beda tipis aja tohhh… Tapi kemudiaaan, lagi dan lagi teman2 sejawat (even di kantor atau temen main) menyarankan utk nuker pas di Indo aja… Kebetulan di Sency (Senayan City) ada penukaran uang rupiah langsung ke Baht gitu, dan cukup murceee ceee katanya… Well gw pikir2 iya juga siih, daripada nuker rupiah ke dollar, dari dollar nuker ke baht ya rempongg… hohoo *thanks Sari sarannya! ~~~ Eits, tapi kemudian ada saran lagi dari Mbak Luluk, katanya mending pas di Thai tarik tunai pake ATM aja, charge nya murce kok, its for about 150 baht. Wohooo murce jugaa dan lebih safe pastinya, karena gak perlu bawa duit banyak2, jd aman, seperlunya sajooo… *saran yg worthed bgt!!! Nah mana yg gw ikutin??? Well, let see next week, gw bakal mikirin yg terbaik dulu diantara 2 itu hihii…
  • ACCOMMODATION! Soal ini gw ga terlalu repot sih, krn panitia udah nyedian semacam accomodation gt around campus Chula! Tapi gw liat duyuu, kalo sekiranya jauh kemana2 maka hari Berikutnya gw cari yg lebih deket kmana2 hahaa πŸ˜€
  • Last, which will make you surpriseddd! TIKET BALIK BLOM GW PESEN. Hahaha absurd!! Yap, jadi kan seperti yg udah gw bilang tadi, acaranya tgl 3 – 5 Agust, tapi gw presentasi hari 1, which is tgl 3… tgl 4 dan 5 gw udah free, paling gw liat yg lain presentasi kan? Trus nambah2 networking dengan kenalan sama teman2 baru dr seluruh dunia… Tapiiii… berhubung tanggal 5 – 7 Agustus ada raker kantor di Cisarua, inilah yg bikin gw galau bwt balik! Opsinya begini… [[ Kalo gw balik tgl 4 sore, gw bisa ikut acara raker kantor, tapi ga bisa ikut acara ICONAS sampe hari terakhir… Padahal hari terakhir adalah pengumuman paper trbaik… dan itu artinya gw ga bisa jalan2 bareng sehari aja di Bangkok! hiks ]] opsi kedua,,, [[ Kalo gw extend di Bangkok sampe tanggal 6 atau 7, gw bisa ikutin acaranya sampe hari terakhir dan bisa jalan2 kliling Bangkok, tapi dengan konsekuensi, CPNS baru macam gw ga bisa ikut raker di Cisarua yg merupakan ajang keakraban antara sesama LIPIers, dan gw takut di black lissstt! Huhu masih CPNS udah brani ga hadir raker, Huuuuaaah ]] ~~~ Jadi bgitulah, galau menyerang gw, dengan sangat! Tapi tadi mnurut saran Mama, sebagai CPNS baru, jgn coba2 ga hadir acara apapun yg dibikin kantor! Jangan nekaddd… Jangan sok2an… huhu… GA to-the LAU! Makanya gw blum beli tiket balik iniii hiks. Any suggestion, guyss?

Well… tapi jujur dibalik semua itu, Im sooo thankful to ALLAH SWT! Masih dikasih kesempatan untuk berkunjung ke Bangkok lagi, dan bukan utk haw-haw ga jelass, tapi untuk conference, sesuatu yg sangat bikin gw terharu bisa presentasi paper disana, Alhamdulillah. Ini sebenarnya jadi conference international kedua gw selama gw di LIPI (harusnya Mei kemarin gw cuz ke Vietnam utk conference, tp gw ga jadi ikut karena status masih baru banget di LIPI dan kondisi keuangan blom stabil alias blom rapelan ahahahah…) But now, I wont waste this chance. Ganbatteee!

Anyway, gw inget kata Papa, “believe in Allah SWT, work very-very-very HARD, write a good thing, then TRAVELLING is a bonus” πŸ™‚

Ahhh, cant wait to be there, in Bangkok!!!

Leave a Reply

