Coremap ~ Jakarta – Denpasar – Maumere

Assalamualaikum!!!
Akhirnyaaa… nemu juga mood bwat nulis cerita 14 hari di Maumere, Kab. Sikka NTT. Hayooo kita lets go dengan cerita di hari pertama, tepatnya tanggal 21 April 2015.

Yep, setelah beristirahat 4 hari di Jakarta (remember tanggal 16 April gw baru dari Surabaya untuk penelitian DIPA?), then hari Selasa berikutnya (which is tanggal 21 April), I have to go (again!) to East Nusa Tenggara. Hehe, badan sih masih ‘remuk’ abis dari Surabaya, tapi the show must goes on! Penelitian Coremap ke Kab. Sikka harus tetep berjalan dongs! Jadilah pagi2 sehabis solat Subuh, gw langsung cabut ke airport! Lets start the 14th day AH-MAAZING experiences! Bismillahh…

Dari kos’an jam 5 pagi dengan menenteng koper mini dan bagpack Deuter, gw pun melenggang cantik menuju airport *eaa istilahnya hehe… tujuannya adalah terminal 2F, yang akan membawa gw menuju Denpasar. Iyes, bener banget. Untuk menuju ke Kab. Sikka, gw harus naik pesawat dulu ke Denpasar, kemudian transit sebentar di Ngurah Rai, dan nyambung lagi dengan pesawat kecil menuju ke Maumere. Kalo liat di itinerary hari itu, gw diprediksi bakal nyampe Maumere sekitar sore ~Oh okay, baiklah… Guys, sore yg gw maksud disini, bukan berarti sore dimana kita bisa ngeteh2 dan ngopi2 cantik ya… Sore itu berarti sudah gelap dan sepi di Indonesia bag. Timur wuehehe… Gonna tell the stories soon!~

Yuks kita lanjut. Sampe Soekarno Hatta airport tepat jam 07.10! gw pun langsung ngontak Mas Zai (coordinator Coremap Kab. Sikka) dan kita langsung check-in. Disana juga udah ada Pak Daliyo yang udah rapi jali mau brangkat Coremap. Yuhuu… gw brangkat dengan Mas Zai dan Pak Daliyo ke Kab. Sikka. I called them ‘dedengkot’ Sikka, karena udah nge-explore Sikka dari jaman Coremap fase 1… which means 10 years ago, mereka udah wara wiri di Sikka. Canggih!!! Setelah say ‘hello’ dan check-in kami pun menuju ruang tunggu…

After 45 minutes, then there’s a calling!!! Pesawat menuju Denpasar akan diberangkatkan… here we go!!

Setelah lebih dari 1 jam kami menempuh perjalanan dengan GA, akhirnya finally… we touched-down Denpasar. Excited kah gw? Kalo untuk ke Denpasarnya gak terlalu excited. Because its my 3rd time in Denpasar. Gw lebih excited dengan NTT… Hihi… soalnya blum pernah ksana. Its my very first time!!!

Then, after taking our luggages yang beratnya ampun2an, kamipun berpindah ke terminal keberangkatan. FYI, di bandara Ngurah Rai, terminal kedatangan dan keberangkatan cukup jauh. So, u’d better get a trolley to take your luggage. Hoho kenapa gw manja pake2 trolley segala? Kan tadi udah gw bilang, barang2 untuk Coremap banyak dan beratnya audzubillahhh… gak kuat, bisa2 patah tulang kalo sok2an ngangkut dengan cara manual (pake tangan) hihi…

Setelah check-in lagi dan ngurus over-baggage yang hampir 1 juta (owmaygat!) kamipun menuju waiting room. Thank God, waiting room-nya berada deket café, jadi kami bisa ngopi2 cantik dulu. Sambil ngopi gw, Mas Zai dan Pak Daliyo pun ngobrol2 dan diskusi seputar Coremap… and dari quick discussion itu, gw jadi tau background kedua orang senior gw tersebut. Pak Daliyo ahli demografi jebolan Australian National University *keren* dan udah pakar banget soal Kab. Sikka… trus beliau expert dibidang ketenagakerjaan (itu research interest beliau), dan kalo Mas Zainal ahli dengan isu2 kesehatan, dan jebolan Griffith University. Dan Mas Zai juga pakar soal Kab. Sikka. Wohooo… pergi dengan orang2 hebat, mudah2an pinternya nular yeee… Aamiin… 😀

Anyway, cuz ngupi duyu…

Setelah ngobrol2 dan solat Zuhur di airport, sekitar jam 1.30 siang, kamipun udah dipanggil2 bwat masuk ke pesawat. Yuuhuu kami akan segera berangkat menuju Maumere, dan perjalanan akan memakan waktu selama 2 jam. FYI, dari Denpasar menuju Maumere, biasanya ada 2 maskapai penerbangan yang beroperasi. Yaitu Wings Air (milik Lion Group) dan Nam Air (milik Sriwijaya Air group). Kami naik yang Wings Air, karena jadwal penerbangannya cocok dengan yang kami mau, even bagasinya cuma 10 kg hehehe. Mau naik Nam Air sih (secara bagasinya lebih banyak, 15 kg kalo ga salah!) tapi ya gitu deh jadwalnya gak cocok… Ahhh syudahlah ga usah dipikirin.. Lets enjoy the flight with small aircraft… Dan ini kali kedua gw naik pesawat kecil… Duyu tahun 2013 ke Gunung Sitoli (Nias) gw juga naik Wings Air, jadi ga serem2 amat hohooo…

Let’s flyyy…

Sudah hampir 2 jam di udara, pesawat belum mendarat2 juga… Bosen dongg… Mati gaya dongg… pastinya!!! Tapiiii… semua ke-bosen-an dan ke-mati gaya-an hilang, when I take a look at the window… Iya, pas gw nengok ke arah jendela pesawat, OHH… MY… GOD!!! Kelihatan gugusan pulau Indonesia timur yang luar biasa indaaaaaaaaah… banget Subhanallah… Pulau2 kecil itu (yang dari atas berwarna hijau lumut) nampak serasi dengan air laut yang berwarna biru bening. A PUUUR-FECT COMBINATION! Belum lagi, di bibir pantai, ada riak2 ombak yang putih. Ah, so pretty! Gw ga henti2nya ngeliat sampe leher rasanya mau patah hehehe… Sungguh! Walopun gw ga sempet foto, but trust me, its superbly pretty! Saking luar biasanya, gw ngerasa kecil banget sebagai manusia… Tuhan udah create alam ini indah banget. Manusia kaya kita cuma kaya debu… Ga ada artinya. Ya Rabb, ga henti2nya gw bersyukur karena Engkau memberikan hamba kesempatan untuk mengunjungi tempat indah ini… :’)

Masih dengan kekaguman gw, taunya udah mau mendarat pesawatnya hehehe… Okay, mari bersiap2 landed… And welcome to Maumere!!!

Pertama kali mendarat di Maumere… Senenggggg banget karena langsung kena cahaya matahari. Kebayang dong, 2 jam gw kena AC yang dinginnya luar biasaaa hehehe… Jadi pas kena paparan matahari sore, beuuuh! rasanya nikmat!!! Hihi… setelah ngambil barang2… kamipun naik mobil *yap sudah ada mobil dan driver yang menunggu kami untuk segera menuju hotel… Ayyyeaaaah…

Tujuan pertama kami begitu sampe Maumere adalah… cari makannnn! Ya iya dong, udah laper banget niiih,,, Dari subuh udah kudu ON soalnya. Yah, walopun dapet makan di Garuda (Jakarta – Denpasar) dan sempet ngopi di Airport, tapi tetep aja kudu diisi nasi nih perut *im sooo.. Indonesian right? hehehe… So, cuzlah kita cari tempat makan. After 10 minutes on the car, finally we arrived at the Rumah Makan Surabaya. Hehehe… well ujug2 jaoh2 ke NTT, kok malah makan masakan Surabaya. Oke Ill tell you why… In Maumere, if you find local food, mostly its Non-Halal (they served pork as the main course!). Jadi yaaah gitu balik lagi ke selera mainstream… masakan Jawa atau Padang hihi…
Dan berhubung Pak Daliyo dan Mas Zai ga terlalu doyan masakan Padang, jadilah nyari yang biasa aja, masakan Jawa (hehe Pak Dal hates the coconut milk alias santan! katanya bikin kolesterol, ehehhee… bener sih Pak!) 😀
So, we had this for late-lunch…

Yes. Its seafood attack!!! Di Jakarta was was nyari ikan, udang, cumi dan sebangsanya? Tapi di Maumere, because its a coastal area, bisa makan seafood sepuas-puasnyaaah. Hip hip horaaay! Enak dan yang pasti murah meriah…

Dari kiri: ada capcay kuah semangkok gede (segede gaban, eiym!), yang sayurannya lengkappp dan ngaldu banget *tapi I believe gak pake kaldu abal2 semacam royc* atau masak* hehhee secara gw penikmat kuliner sejati, jadi paham binggow soal beginian. And you know harganya??? Cuma 17.000 sajaaaa ampe ngap-ngap’an ngabisinnya hihi… Yang ditengah adalah cumi saus asam manis, cuminya fresh bgt! Berasa di lidah, om nom nom… only 22.000! Yang kanan: udang goreng tepung, enaaaak banget, dan udangnya baru! As you know, gw kan suka alergi sama udang yg udah jadi bangke, dan Alhamdulillah abis makan udang ini tadi siang, gw gak gatal2 sedikitpun… huuuah, juaraaa, dan harganya cuma 25.000 per porsi. OhMaiGat… Bon appetite, semuaaa… ❤

Alhamdulillah, kelar makan saatnya cuz ke tempat menginap. I stayed in “Sylvia Hotel”. Iya, nama hotelnya emang gitu. Sounds cheesy? Eimberr… tapi hotelnya seru kok… Bersih, spacious and yang paling penting wifi nya kenceng ehhehe… Gw dapat kamar di lantai 2. Eh tapi apa keseruan hari pertama berakhir dengan tidur indaaah? Eitsss, jangan harap! Malemnya, gw kudu meeting sama Mas Zai dan Pak Daliyo soal acara besok (ya hari berikutnya kita kudu ke kantor SKPD terkait: Dinas Kelautan Perikanan, BPS Kab. Sikka, dan kampus UNIPA). Hooo, agenda padat merayap… Mau tau gimana kelanjutannya??? Tunggu yaaa… Ill post more about Coremap if I have mood for that soon muehehe…Stay tune 😀

Leave a Reply

