Hello December! Hello Bali! Hello Tuna!

Alhamdulillah… Akhirnya… Bali untuk kedua kalinya di hidup gw, dan Alhamdulillah ya Allah, lagi2 gratis!!! Hehehe… Alhamdulillah, bulan Desember kemarin paper gw lolos seleksi dan gw diundang ke Bali untuk mempresentasikan paper gw yang berjudul “Analisis Kebijakan Terhadap Pengelolaan Kelautan dan Perikanan Tuna di Provinsi Sumatera Barat”. Symposium yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan WWF ini menyeleksi ratusan paper, dan Thank God paper gw termasuk yang dipilih.

Jujur aja, kalo ditilik2 ke belakang gw emang ga punya ilmu khusus mengenai kelautan dan perikanan. Tapi untungnya, pas s2 (tahun 2007) gw belajar tentang coastal management di INRM dan itu membuat gw sedikit banyak tau tentang ilmu kelautan. Thanks to Prof. Munzir yang udah ngajarin gw pas s2… im so lucky to get those kind of knowledge from you, Prof!

Cuma ya gitu, karena basic ilmu gw adalah hukum, gw gak mau sok2an ngambil tentang coastal management murni. Berat ncuy! Hihi… jadi gw berdiri di ranah seharusnya gw berdiri, yaitu policy analysis about coastal zone. Tapi, berhubung karena trending topicnya adalah ikan tuna, jadi harus ada unsur perikanan tunanya. Fine. Sebelum bikin paper, gw sempetin ke perpustakaan nasional di Salemba untuk baca2 jurnal kelautan dan perikanan, serta buka2 file pas s2 yang ngajarin tentang coastal management. Gak lupa gw browsing semua regulasi tentang kelautan dan perikanan, baik yang ada di level nasional maupun daerah. Proses membaca literature kurang lebih memakan waktu 3 hari. Di hari ke-4 gw nekad kirim abstrak ke panitia, dan yang pasti berdoa semoga lolos dan bisa ke Bali gratis.

One week after that…

Gw dapet e-mail dari panitia, yang menyatakan bahwa paper gw lolos seleksi! Well, memang ada sedikit perbaikan di abstrak, tapi itu lebih kepada penajaman dari sisi regulasi yang mau gw angkat. Its okay, revision makes perfect, right? Hohooo… Selain itu, di email tersebut juga langsung dicantumkan attachment tiket gw Padang-Jakarta-Denpasar pulang pergi! And of course, tempat menginapnya skalian. Super Alhamdulillah! Ah, Bali, am coming!

9 Desember 2014, Kem(BALI) ke BALI! 

Pagi2 sekali, gw udah nongkrong di airport. Yep. Gw super excited dan gak mau telat. Gw mau everything is settle and undercontrol. Harap maklum, terkadang wanita Leo ini perfeksionis pemirsah haha… nyampe airport, gw langsung check-in dan melipir ke waiting room, sambil menunggu salah satu rekan dari Sumatera Barat yang juga ikut symposium itu, namanya Yani.

Ga brapa lama di waiting room, si Yani dateng. Jadilah pagi itu sebelum pesawat take-off kita ngobrol soal paper yang bakal kita presentasiin. Dan yang pasti, kita udah siap bin ready untuk ke Bali *not only the paper yang jadi main issue kita di Bali, tapi juga gak ketinggalan kamera, tablet dan tongsis sebagai sarana bernarsis ria!!! Hihi…

Sampe di Jakarta siang hari, gw dan Yani nunggu pesawat ke Bali. Kami kudu nunggu sekitar 3 jam-an. Yep. Tapi gapapalah, as long as airport punya wifi kenceng, kami masih bisa hidup wkwkw… pokoknya, di sela2 nunggu pesawat yang mau membawa kami ke Bali, kami masih bisa memoles beberapa slide show presentasi supaya makin kece badai pas dipresentasiin. Sip deh! And here is mine!

20141209_143726

Kira2 jam 4 sore, pesawat yang membawa gw ke Bali pun mulai take-off. Bismillah mari menuju Bali, semoga event kali ini lancar jaya dan presentasi gw juga berjalan tanpa halangan berarti…

Hi Bali! Hi Sanur!

Gw sampe Bali jam 19.00 WITA. Yep, Bali 1 jam lebih cepat daripada Jakarta. It means, di Bali udah malem. Badan udah mulai capek dan perut udah kukuruyuk ga jelas minta diisi hihi… yo wis, begitu landed mulus di Bali, gw dan Yani langsung inisiatif untuk segera ke hotel. Walo gw amazed sama bandaranya karena beda banget dengan pas 2007 gw pertama kai ksana, tapi gw urungkan niat bwat foto2, yep karena udah malem, besok mau symposium hari pertama, jadi ngecengnya ntar2 dulu. Kami pun mencari moda transportasi yang bisa membawa kami ke Mercure Sanur Resort Hotel *itu tempat diadakannya symposium Tuna*. So pasti malam2 gitu, kami no choice, pasti ujung2nya nyari taksi. Apalagi kalo bukan bluebird. Wew.. fine then, blue bird memang penyelamat wanita2 seperti kami bo… pertama karena alasan safety, kedua karena argo-nya jelas.

Jalan sebentar ke arah pintu utama airport Ngurah Rai, kami nemuin banyak banget moda transportasi yang ditawarkan jasa pengangkutan. Mulai dari mobil van *yang biasanya bawa banyak wisatawan, sampe yang personal taksi*. Nah gw dan Yani kemudian melipir ke salah satu booth yang nawarin private transportation, kaya silver bird-nya blue bird gitu loh… Memang, cukup mahal dari Ngurah Rai ke Sanur tempat kami nginep, kami kena charge 180.000… itu belum masuk biaya tol loh. Kalo masuk tol, kami kudu nambah 10.000, but its really worthed the price. Mobilnya nyaman, driver alias belihnya juga ramah, dan yang pasti safetynya kece!!! Pokoknya, where there’s price, there’s satisfaction. Impas lah ya…

Lewat tol malam hari, kece badaiii…

Dari Ngurah Rai ke Sanur memakan waktu sekitar 45 menit. Tapi jangan dikira perjalanan malam itu bakalan boring. NOOO!!! Pemandangan di luar, di sisi kiri kanan, indaaaaaaaaaaah… banget. Oh my!!! Im superbly amazed. Beda banget lah pas gw ke Bali 7 tahun lalu. Bali is superbly pretty at night. Hawa2 bulan madu mulai berasa. Sayangnya gw ke Bali not for honeymoon, tapi bwat ikutan symposium wkwkkw… *alaynya kambuh!*

Jam 20.10 WITA kami sampe di daerah Sanur dan langsung menuju Mercure Sanur Resort Hotel. Okay, dari luar aja tu resort hotel udah keren banget. Marilah kita menuju lobbynya. Setelah mobil yang nganterin kami parker, kamipun turun dan langsung menuju lobby. Di lobby, panitia WWF sudah menunggu untuk registrasi. Kami langsung diminta menandatangani daftar hadir, menyerahkan pass bandara yang kami punya dan dikasih nametag. Setelah itu kami diarahkan ke resepsionis hotel untuk mengetahui kamar kami dimana. A warm welcomed from the committee, love it! Setelah tahu kamar berapa, gw pun menuju kamar gw. Awalnya gw beda kamar ama Yani. Tapi ntah kenapa Yani mau sekamar sama gw, jadilah dia ngurus lagi ke resepsionis soal nuker kamar itu…

Okay, now lets talk about the hotel. Jadi, tu resort hotel kalo malem suasananya super spooky! Kamar kami terpisah2 layaknya bungalow di sebuah resort. Satu bungalow terdiri dari 3 lantai, jadi dia menjulang ke atas. Layaknya rumah etnik gitu… dan jalan menuju satu bungalow ke bungalow lain adalah… jalan setapak! Makin spooky deh tuh. Gw sih ga brani komen pas lgi nyari kamar. Takut ada yang aneh2 ahhaha… cemen gw! Tapi gw recommended resort hotel ini bwat yg mau honeymoon. Karena emang private banget…

Setelah muter2 dan sempet nyasar nyari kamar, akhirnya ketemulah kamar gw. Hohooo… time to bersih2 sebentar sebelum dinner! Yeayyy! Tarok koper, trus cuci muka bentar, and lets go dinner! Yumyumm…

Sampe di ruang makan, udah banyak peserta lain yang dateng. Sebagian udah ada yang kelar makan, sebagian masih ada yang ngobrol2… gw udah laper berat dan Yani juga. Jadilah kami langsung menuju buffet… dan kemudian had our dinner… fyi, makanan hotel bintang ga slalu enak, buktinya malam itu makanan gw gak abis. Bukannya mw sok2an nyisain makanan, tapi emang ga enak… huhuuu…

Selesai makan malam, kami langsung ke kamar. Segera beristirahat karena besok pagi jam 8.00 agenda sudah padat merayap. Yang pasti acara pembukaan dan paparan dari narasumber Kementerian Kelautan dan Perikanan ada di hari pertama. Kemudian presentasi ada setelah makan siang dan besoknya, di hari kedua. Okay… marilah kita saving energy untuk besok. Nighty night!!!

December 10th, 2014 – 1st day symposium

Hari pertama symposium gw dan peserta lain udah belajar banyak hal. Ada presentasi dari beberapa pakar kelautan dan perikanan baik dari dalam maupun luar negeri. Its awesome! Banyak bgt ilmu yang bisa gw ambil dari mereka… ahhh… Thanks Allah for this opportunity…

20141210_072722

Pokoknya dari pagi sampe sore itu, ketemu banyak orang hebat, blajar banyak hal, terutama tentang sustainable fisheries dan lain lain. And I learned a new thing… bahwa menangkap ikan dengan trawl itu GAK BOLEH BANGET! Memang ikan yang dihasilkan banyak, tapi itu artinya kita juga menangkap ikan2 kecil. Nah gimana kelangsungan ikan bisa ada terus, kalo ikan2 kecil juga ditangkapin. Makanya, symposium ini nantinya akan menemukan suatu formula yang bisa mengatasi masalah tersebut. Mengambil hasil laut, tanpa mengurasnya dengan rakus. Harus sustainable!

Selesai acara sore itu, gw langsung melipir sama Yani jalan2 di sepanjang pantai Sanur. Huaaaaaaaaah terharu, saking indahnya… Terharu karena harusnya gw kesini bwat bulan madu, bukan simposum wakakkaa… Bali is superbly beautiful. Cocok markucok bwat bulan madu… temaramnya pantai pas malam hari, syahddddddddu banget. Huhu mama… Calon suami mana calon suami *norak!* ahahha… beneran deh, daripada Kuta yang hectic, I suggest you guys go to Sanur for honeymoon! ini rekomendasi seorang jomblo loh ya… hahaha ini salah satu spot di pantai Sanur. Indah!!! 🙂

DSCN0909

Jalan kaki sepanjang pantai Sanur berujung di shopping arcade sepanjang daerah Sanur. Gw nemu lipbalm organik dan langsung beli banyak bwat temen2 cewe gw sebagai oleh2 hihi… setelah belanja dikit, langsung menuju rumah temennya Yani, dan kemudian balik lagi ke hotel jam 10 malam. Besok aja kliling2 Bali abis presentasi selesai, hohooo….

December 11th, 2014 – 2nd day symposium

THIS IS THE DAY! Hari itu, gw bangun pagi banget, mandi, sarapan dan siap2 ‘bertempur’ huehehe… Yap, hari itu gw presentasi paper jam 10.00 WITA. Dan yang pasti deg2an banget. Soalnya smua rekan2 lain juga pada presentasi hari itu, dan yang pasti mereka smua hebat2… Gw bangga bisa ketemu orang2 seperti mereka. Ada dari kalangan akademisi, praktisi kelautan dan perikanan, orang2 NGOs, trus ada yang dari kalangan pemerintah juga. Lengkap deh pokoknya.

Akhirnya tibalah giliran gw presentasi jam 10.00 pagi. Pas dipanggil oleh moderator, gw deg2an campur excited. Bismillah… here I go! Awalnya pasti deg2an ya. Abis tu seperti biasa, gw kalo udah ngomong susah berhenti. Apalagi kalo ngomongin soal policy analysis kesukaan gw wkwkwk…. Presentasi dibatasi waktunya, yaitu sekitar 15 menit, dan kemudian sesi bertanya juga sekitar 15 menit. Menurut gw performance gw hari itu lumayan bagus, walopun bukan berasal dari background kelautan dan perikanan, tapi gw udah ‘ngebedah’ semua regulasi tentang kelautan dan perikanan yang gw tahu… Alhamdulillah 🙂

Setelah sesi bertanya selesai, saatnya coffee break… Gw langsung aja cuz ke ruangan coffee break karena butuh minum teh biar gak ngantuk. Eh tiba2, pas lagi asik ngemil2 cantik, gw disamperin pak DR. Luky Adrianto, ahli kelautan IPB, beliau nyalamin gw dan bilang: “Buk Lengga, Thank you for mentioning about Integrated Coastal Zone Management di presentasi tadi”. Beliau kemudian ngeluarin kartu nama tanpa diminta dan bilang “kontak saya ya” trus ngajak internal meeting nanti sore khusus di ruangan bersama para akademisi lain… Huaaaah rejekiii… loh kenapa rejeki??? Well, menurut gw, rejeki itu bukan hanya uang, tapi juga ilmu dan networking. And at last he said… “good presentation” Terharuuu… presentasi gw dipuji sama ahli kelautan, gak sia2 kuliah INRM sampai jauh banget ke Thailand… hiksss Alhamdulillah!!!

Selesai coffee break, sesi lain masih berlanjut. Tapi tentu saja, gw ga mau ngendon terus di hotel. Gw dan Yani kemudian curi2 waktu bwat beli oleh2 hihi… Tapi pake apa beli oleh2nya??? Sewa mobil? Mahal ah, ga bebas juga. Taksi? Sama aja, mahal juga… Oke, any idea??? Yep! nyewa motor!!! Hihi… gw sama Yani kemudian nyewa motor dan cuuuz melipir beli oleh2… kita nyewa motor selama sehari and it costs 70.000 untuk 24 jam… besoknya kudu dibalikin pada jam yang sama. Quite affordable, aite???

Baiklah mari kita meluncurrrrrr….

Gw sama Yani bermaksud beli oleh2 khas Bali di Krishna (pusat oleh2 terbesar di Bali), tapi sebelum menuju Krishna *yang letaknya di Sunset Road*, kami harus melewati tol laut dulu, and its AMAZING!!! Gw sampe ngerekam video selama berada di atas motor… Check this out!

DSCN0931

Setelah menemukan pusat oleh2 Krishna yang superrrrrrrr…gede dan rame bgt sama makhluk pemburu oleh2, gw sama Yani pun mencar. Gw sibuk milih2 aksesoris dan nyari pie susu, Yani sibuk beli celana pantai hahaa… pokoknya heboh! Gw sih ga beli banyak oleh2. Cuma bwat keluarga sama beberapa temen deket aja. Lagian kalo mw beli banyak, mau tarok dimana??? Males bgt pake bagasi lebih hahaha *jangan ditiru*

Kelar belanja jam 3 sore, kamipun balik ke hotel untuk ikut acara penutupan. Cukuplah 4 jam kliling2 Bali which was superbly aaaahmazing!!! Segala sesuatu yang gratisan emang amazing. Contohnya ikutan simposium ini. Simposium sekaligus jalan2 gratis. Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustai, Lengga?! 😀

Back to Hotel… kamipun bersiap untuk acara penutupan. Penutupan berlangsung sore sampai malam. Maka dari itu, sebelum penutupan, amrilah kita bernarsis2 ria bersama peserta lainnya hahaha…

DSCN0952

DSCN0953

DSC_0421

Sebelum makan malam, gw sama Yani sempet2nya ganti baju dan main pantai sama rekan2 lain ahhaa… ntar abis makan malam, ganti baju lagi ke baju batik resmi dan siap untuk acara penutupan…

Thank You Ministry of Fisheries & WWF!

Ketika acara penutupan, kami sampai pada satu kesimpulan. Bahwa isu kelautan dan perikanan tuna itu adalah isu nasional dan global. Jadi gak cuma melulu soal perikanan tangkap. Tapi juga gimana sistem penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan gak merugikan nelayan, selain itu juga musti eco-friendly alias ramah lingkungan. Pokoknya harus sustainable!!! Acara penutupan pun berlangsung meriah. Panitia juga menyediakan uang saku beserta sertifikat untuk dibawa pulang hohooo… Uang sakunya pun lumayan banget bwat ngeganti uang beli oleh2 tadi siang wkwkw…

Great simposium! Dapet ilmu, dapet teman baru, dapet jalan2 gratis, dan dapet uang saku. Yeay sorak sorai!!! Sampai bertemu di acara yang sama 2 tahun lagi ya teman2… besok saatnya kembali ke kota masing2 dan mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat di simposium ini.
DSCN1006

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s