East Java Work-Trip #Day1

Assalamualaikum…

Helloo… apakabar readers? Gw masih utang cerita tentang perjalanan gw ke Surabaya kan yaa… *postingan yang lalu gw cuma sempet upload foto2 di Trenggalek*. Hehe sebenarnya yang ke Surabaya kemarin itu lintas batas kabupaten juga perjalanan dinasnya *eeaa istilah nya keren ncuy* dan kali ini gw akan share tentang keseruan gw selama di Jawa Timur, tepatnya Kota Surabaya dan Kabupaten Trenggalek. Cekidots!

Kenapa gw bisa nyampe Surabaya, and what I supposed to do there???

Jadi, di suatu sore tepatnya hari Rabu, yaitu tanggal 10 September, gw baru aja selesai ngajar di kampus, dan lagi naik angkutan umum bareng sahabat kece gw yang juga dosen, Tika. Lagi asoy geboy ngobrol di angkutan pribadi umum, tiba2 handphone gw bunyi, ternyata dari Yani *temen gw yang masih aktif di dunia per-NGO-an, sebuah dunia yang tlah lama kutinggalkan pemirsaaah… 😀

Yani nanyain apakah gw free selama sekitar 2 minggu ke depan, soalnya ada sedikit project ke Surabaya sama AIFDR (Australia Indonesia Facility for Disaster Reduction), itu lembaga yang sama yang meng-hire gw sebagai konsultan untuk pembuatan buku Desa Tangguh Bencana. Oke, jujur gw kaget dongg… soalnya 2 minggu kan lumayan lama. Because you know what? Gw baru aja sampe di Padang 1 minggu, masa udah pergi lagi? Jadi gw gak oke-in dulu ajakan dia, gw bilang kalo sebaiknya gw dan dia ketemu dulu bwat ngebahas ini, seberapa urgent gw pergi dan blablablaaa-nya…

So sore itu, sehabis pulang kampus, gw janjian sama Yani buat ngobrolin soal yang ke Surabaya. Intinya gw harus kirim CV gw ke AIFDR, apakah gw eligible untuk jadi salah seorang fasilitator sekaligus trainer bagi semua anggota BPBD di Jawa Timur. Tapi kendala utamanya bukan itu. Kendalanya adalah gw baru aja masuk ngajar selama seminggu *remember gw baru nyampe Padang, kan?* dan masa harus ninggalin mahasiswa lagi huhuu… kuliah gw jadi terbengkalai dong, kasian mahasiswa.

But, tawaran dari Yani cukup menggiurkan. Well, bukan dari sisi “duitnya” loh ya.. tapi dari sisi experience yg didapat and of course jalan2nya hehe… Tapi, gw tetap harus melewati seleksi yang objektif loh, gw tetep harus kirim CV ke AIFDR. And the decision will be on the day after…

On the next day…

Hari itu gw dapet kabar langsung dari orang AIFDR. They said mereka butuh gw untuk jadi fasilitator di event AIFDR Jawa Timur and mereka bakal ngurus tiket keberangkatan gw secepatnya. Hihi Alhamdulillah. But waittt… ini bukan brarti pergi seneng2 yaa… ada beberapa kerjaan yg gw kerjain sebelum brangkat. Mulai dari ngisi form, trus baca2 materi tentang assessment awal dan sebagainya. Rempong cin!

Nah trus gimana kabar kampus dan mahasiswa gw? Uhhm, untuk urusan itu gw terpaksa minta tolong dosen lain sebagai back-up gw. Untung ada rekan2 di kampus yang slalu siap dimintai tolong bwat ngajar hehehe… thank you ladies!

But masalah belom selesai. Fyi, gw harus izin dulu ke Mama Papa untuk pergi ke Suarabaya. Yah, secara gw baru aja nyampe Padang seminggu, masa udah kabur lagi… *emang sih gw yakin Mama Papa gak akan keberatan selama itu positif, but I know my responsibility, siapa yang bantuin Mama kerja di rumah, siapa yang bantu Mama masak, hiks I feel bad*

Sorenya, gw ngomong pelan2 ke Mama Papa soal kerjaan ke Surabaya, and Mama Papa say YES. Huuaaah best parents ever! Kenapa izin dari mereka gampang keluar? Karena mereka udah tau apa dan bagaimana project itu. Yep, Mama Papa udah cukup familiar sama AIFDR, soalnya waktu bulan Juli lalu gw dapet proyek bikin buku-nya AIFDR dan Mama Papa yang nemenin selama proses pembuatan buku itu, alias nemenin dan nyupirin ke Solok bwat cari data. Pokoknya selama itu positif, bisa membantu orang lain, bisa berbagi ilmu, just go for that, gitu kata mereka. Ihiiiikkks, Thank you Mom and Dad :’)

Dan yes, berangkatlah gw ke Surabaya hari Minggu pagi tanggal 14 September! And the journey is about to begin…

Day 1 – September 14, 2014

Hari itu hari Minggu, dan pagi2 banget gw udah standby, dianter Mama Papa ke bandara. Di bandara suasana udah hectic banget dan ternyata Yani udah nongol duluan. Jadilah karena kita berdua udah ngumpul kita buru2 check in dan masuk ke waiting room. Fyi, kita Cuma berdua dari Sumatera Barat, cewe2 unyu pula #eeaa hihi. Tim2 yang lain (dari NTT dan Sulawesi Selatan) akan kumpul di Surabaya bareng kita pas malemnya bwat dinner bareng.

Sekitar 1 jam 20 menit di pesawat, kita langsung landing mulus di Soetta, dan nyambung pesawat lagi ke Surabaya. Alhamdulillah, AIFDR provide kita pesawat yang bagus (Garuda Indonesia) jadi kita gak perlu was was atau khawatir sama landing yang gak mulus, pesawat yang bakal oleng, atau hal2 lain hehehe…

Di pesawat gw ngobrol2 seru dengan Yani. Ya tentang kerjaan, thesisnya dia, trus tentang yang bakal kita kerjain di Surabaya, dan banyak hal lainnya. Pokoknya selama naik pesawat, transit, trus naik pesawat lagi kita gak tidur sedikitpun. Malah asik ngobrol2 *dasar cewek eiymmm*

Sorenya (sekitar jam 16.30), kita sampe di Bandara Djuanda, and yes… Oh God bandaranya bagus bgt. Mirip sama bandara Suvarnabhumi Thailand for sureee… Hwaaahh! Bandara Soetta aja kalah cuuuy… Bandara Djuanda juga bersih banget. Very spacious and adem dem demmm… gak sehectic bandara Soetta. Well, I think im gonna love this city, karena first impression nya cukup bikin gw amazed hehehe…

My 1st pic when touched-down Surabaya!

20140914_172446

Oke, stelah selesai sama urusan amazed sama bandaranya, saatnya taking our luggage. Secara bakal 2 minggu, tau sndiri banyak printilan yg kudu dibawa *maklum cewe* haha… dan setelah bagasi smua udah diambil, saatnya cuuuuz ke hotel. But wait a minute. Gw dan Yani ga tau dimana hotelnya. Yang kami tau, kami nginep di Hotel Santika daerah Gubeng. Okay, gw anti mati gaya, dan tanpa memperpanjang waktu, gw ke bagian informasi dan tanya2 how to get there. And ternyata its very simple!

Fyi, penting nih bwat yg mw ke Surabaya… di bandara Djuanda, sistem transportasinya super comfy and safe for ladies! Kita Cuma tinggal melipir ke bagian penyewaan kendaraan *mau taksi, bus, avanza carteran smua ada*, then bilang ke operatornya mau ke daerah mana, dan pake kendaraan apa. Because I said Gubeng, dan gw mw ke arah sana pake taksi, maka si operator kemudian mencet salah satu icon di komputernya yang nunjukin daerah Gubeng, dan dia mencet icon taksi per jarak tempuhnya, maka automatically, VOILAAA… kluarlah e-ticket, dan nominal uang yang harus kita bayarkan ke cashier. Berbekal tiket itulah kita naik taksi. Jadi no argo. No tips. Semua udah based on the rate yang ditetapkan. Huuuaaah sophisticated. Canggih kaya di luar negeri. Setelah tau biaya e-ticket taksinya, kitapun cuz menuju taksi. And you know what? Taksi nya itu ternyata bukan taksi komersial, tapi taksi punya koperasi dinas perhubungan. Yeppp, dinas perhubungan setempat bikin sebuah moda transportasi berupa taksi yang bisa diakses oleh smua orang, trus izin dan legal statusnya milik dinas perhubungan. Waaah keren dong yaaa, jadi lebih aman, kita berada di kendaraan yang kepemilikan dan status hukumnya diatur oleh pemerintah. Super in loooveee!!! 🙂 Kapanlah kota Padang bisa kaya gituuu… envyyy!

Okay, cuz lanjut kita…

Di taksi, gw sama Yani udah kecapekan. Standby dari pagi di Padang, sampe Surabaya udah sore. Haha gimana gak loyo. Tapi seloyo apapun, pemandangan di kiri kanan jalan indah banget. Jadi kita gak mau melewatkan sedikitpun. Baru kluar bandara aja udah kliatan bangunan milik angkatan udara yang berdiri megah, ga jauh dari itu, ada juga monument Yos Sudarso, ah… Surabaya memang kota Pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, yes? Lanjut lagi, di perjalanan, kami liat kota Surabaya sangat asri, teduh… walaupun cukup metropolis karena banyak Mal, tapi tetep nilai budayanya sangat kental. Im in love! Pokonya sore itu luar biasa. Huuuaah rasa kaki udah mau jalan2 aja, padahal baru nyampe, dan kerjaan udah nunggu hahaha *dasar*

Perjalanan ke Hotel Santika memakan waktu sekitar 40 menit. Huuufh capek juga. Beruntung pas sampe sana, kami udah langsung bisa check in dan cuuuuzzz ke kamar. Otomatis langsung tepar tralalalaaa sampe di kamar dan have a quick nap! Hehehe… yap, sebelum dinner bersama gw dan Yani rebahan dulu dan solat.

Jam sudah menunjukkan pukul 19.30. Saatnya turun ke resto dan kenalan dengan tim lain. Di resto udah ada tim dari NTT, tim dari Sulsel, beberapa orang dari LPB-NU (Lembaga Penanggulangan Bencana – Nahdatul Ulama) dan panitia dari AIFDR. Sambil makan kami berkenalan dan ngobrol2 ringan. Kami ber-hahaha hihiihi karena ternyata walau baru pertama kali bertemu, ada rekan yang langsung ketauan “bocor” nya, hehe..

Setelah selesai makan malam, beberapa panitia yang cewe2 ngajak kami jalan2 skaligus beli *perlengkapan wanita-yeah you knowlah* ke supermarket terdekat. Jadilah kami ksana pake taksi. Hahaha… preman taksi! Kami nyampe di tempat perbelanjaan jam 20.30 malam, langsung cuzzz ke Carrefour dan beli beli perlengkapan cewe. Gw seperti biasa, ga beli apa2, karena udah ready smua barang di tas *maklum petualang eeeaaa* hahaa… belanja belanji sampai jam 21.30 dan kami mutusin balik hotel dengan jalan kaki!!! Iya,,,, karena you know what??? Jarak dari Plaza Surabaya tempat kami belanja ternyata deket banget ke Hotel Santika di daerah Gubeng wkwkwkw… gilingan yaaa… mending olahraga malam sambil foto2 di jalan2 Surabaya daripada mati gaya di taksi, ya kann? :p

Foto2 di jalanan Surabaya pas malam hari. Blur nih, yang ngambil kurang profesional 😛

DSC00016

Jalan kaki pun ga berasa karena gw dan panitia2 AIFDR (yang notabene cewe2 smua), smuanya pada heboh dan narsis smua… jam 22.00 kita nyampe hotel dan tiduuuur!!! Siapin tenaga bwat besoknya karena besok agenda padat merayap. Mau tau crita lain, eksotisnya Surabaya *beserta gang Dolly-nya, trus megahnya House of Sampoerna* dan mau liat foto2 cantik di setiap sudut Surabaya, mau??? Stay tune here in my bloggg!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s