Expanding Knowledge through Travelling! #Bogor Trip Day 2#

Assalamualaikummm 🙂

Dan sudah sebulan sejak postingan di Bogor kemarin… and yeahh, gw mencoba me-recall semua yang pernah gw alami disana *im a lazy blogger, I know*
okay, lets start yaa…

Di hari kedua gw di Bogor, tepatnya di rumah bapak Mbak Mia, gw udah bangun pagi2 banget. Dan trus abis bangun gw cuz jalan2 pagi sama Ana keliling kampung. Jalan2 lagi di desa Cibeureum emang nyenengin banget. Udaranya sejuk tralalaaa… seru deh pokoknya. Trus, karena banyak empang (kolam ikan), akhirnya gw dan Ana duduk di tepi kolam dan ngobrol2 sambil nikmatin brownies yang kita beli sebelumnya di Holland Bakery. Gw dan Ana ngobrolin banyak hal, mulai dari hal2 gak penting sampai ke impian dan cita2 kita di masa depan. Ahh, wudda nice morning with her!

Kelar ngobrol, kita cuuuz balik ke rumah Mbak Mia bwat jemput Mbak Mia dan Desi Memen bwat berenang berendam di kali! Wohooo its my fave part! Cuzzz ke kali!

Kelar mandi2 dan nyebur2 di kali saatnya bersih2 dan sarapan bala2 ala Sunda hahaha.. Yap, if you wanna know, bala2 itu adalah bakwan, tapi bukan dicocol pake sambel cabe, melainkan sambel kacang hohooo… kebayang endesnyaaa? Eiym!

Sambil makan bala2, gw crita2 sama Bapaknya Mbak Mia, ngebahas pertanian di Desa Cibeureum. Nah kebetulan disamping rumah Mbak Mia itu ada ladang sayur daun katuk, otomatis gw surprise donggg! Jarang2 gw ngeliat sayur daun katuk dibikinin ladang segede itu. Dan gw tanyalah ke Bapaknya Mbak Mia…

Gw : disebelah ladangnya gede pak. Punya bapak ya pak?

Bapak : gak, bukan punya bapak. Punya orang sana… (sambil nunjuk ke salah satu rumah warga)

Gw : kok ditanem daun katuk pak? Bukan tanaman lain kaya ubi, tebu atau apa gitu pak?

Bapak : iya, kalo daun katuk itu nilai jualnya lebih gede. Misalnya nih, kalo tanem ubi atau singkong, gampang busuk, terus harga per kuintalnya juga rendah. Sering gak balik modal yang punya lahan. Tapi kalo daun katuk ini harga per kuintalnya cukup mahal. Akarnya juga jauh lebih kuat daripada taneman lain. Banyak yang mau ambil hasil ladang itu, soalnya daun katuk bisa di-ekstrak jadi pil.

Gw : (langsung amazed) iya juga ya pak…

See? Gw baru tau hal ini. Kalo daun katuk itu jauh lebiiihhhhhh potensial dari sisi marketingnya daripada tanaman umbi2an hohooo… this is what I like about being a traveller. Selalu ada pelajaran baru yang bisa gw ambil!

Kelar ngobrol2 ama Bapaknya Mbak Mia, kitapun beres2 bwat cabs ke rumahnya Dita (temennya Ana juga) yang udah ngundang kita bwat makan siang di rumahnya. Wohoooo… sebelum ke rumah Dita kita sempet mampir ke kedai yang jual macem2 asinan buah. Syedap tralalaaa… Dan gw baru tau bahwa banyak banget jenis buah yang bisa dijadiin asinan. Bengkoang jugak adaaa! 😀

Setelah mampir beli asinan, perjalanan lanjut lagiii… Skitar 30 menitan sampailah kita di terminal (gw lupa namanya terminalnya euy hihi maafkan). Dan ini foto kita pas di terminal sebelum cuz nyambung angkot ke rumah Dita! *foto pake tongsis memang cucok bo*

Perjalanan ke rumah Dita memakan waktu cukup lama, sekitar 1,5 jam dari Desa Cibeureum. But I enjoyed the trip so much!!! Iya, gw jadi tau setiap sisi Bogor dan jadi tau sedikit banyak tentang kehidupan masyarakat disana.

Di rumah Dita kita udah disambut makanan enak, kaya tumis ceker pedes dan es buah. Huuuaaah enakkk. Pokoknya Dita’s family is super nice deh! Thanks Om dan Tante 🙂

Kelar dari rumah Dita, kita berenam (plus Dita tentunya) lanjut ke Botani Square bwat mejeng2 cantik *eaa istilahnya* Yaps, skalian berburu oleh2 Kota Bogor. Dita dan mbak Mia yang jadi guide kita. Ternyata pas di Botani Square ada pameran ASEAN. Hohooo pastinya bikin smangat dong. Bisa dapet ilmu baru lagi seputar ASEAN dan tentunya foto2! 😀

Kelar ngerusuh di booth foto ASEAN kita pun cari cemilan dan minum di lantai atas Boker (nama keren Botani Square). Yah biasalah skalian ngobrol dan cuci mata *walopun hari Minggu itu Boker lagi rame2nya tapi tetep gak menyurutkan niat kita bwat mejeng disana*

Overall, gw hepi bgt hari itu karena bisa tau dikit2 ilmu tentang pertanian dari Bapaknya Mbak Mia. Trus bisa ke pameran ASEAN juga dan jadi lebih tahu tentang kerjasama regional ini. Ternyata Indonesia merupakan salah satu negara paling aktif diantara negara ASEAN lain. Buktinya, ada aja kegiatan yang dilakukan Indonesia untuk mempererat hubungan dengan sesama anggota ASEAN, baik itu perekonomian, budaya, politik dll 🙂
*Bangga jadi orang Indonesia, MERDEKAAAA!!!*

And that day was ended-up with menikmati seporsi toge goreng di depan Boker!!! Nyaaams. Dengan harga 12.000 seporsi, toge goreng pun sukses masuk perut! Enak dan sehat! Recommended bwat yang ke Bogor yaaa… Paduan kacang dan tauconyo cucokkk ❤

It was a wonderful trip with the ladies from Paseban! Huaaahhhh… mau lagiii liburan bareng cewek2 hebring ini hahaha… Sekian perjalanan di Bogor, semoga one day bisa main ke Bogor lagi yaaa. Amin ❤

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s