Expanding Knowledge through Travelling! #Bogor Trip Day 1#

Assalamualaikum!

Huaaah I just had a wonderful short trip to Bogor and it was Ahh-mazinggg! Hehe πŸ˜›
Yepp, Jumat Minggu lalu gw cuz ke Jakarta bwat ngilangin stress *jiah istilahnya!* dan skalian Sabtunya diajakin jalan2 ke Bogor sama AnaΒ dan anak2 kos’an Salemba. Hihi lumayan, liburan rame2 pasti seru kannn πŸ˜‰

Dan inilah recap dari short trip gw ke Bogor! Asli seruuu… penuh dengan foto2, makan2, dan seneng2 pastinya, cekidots ya!

#1st day – 23 Agustus 2014

Hari Sabtu itu, kita semua (cewe2 di kos’an) bangun pagi2 banget, langsung mandi, sholat dan cuuuz… ga sempet sarapan, cuma minum energen doang! *hiks* namun apa daya sarapan harus dikorbankan demi ngejar kereta ke Bogor! Hohooo semangat ’45!
Dari kos’an kita di Paseban (Salemba), kita jalan dikit menuju St. Carolus. Yap, kita naik bemo dulu yang ada depan St. Carolus, nah bemo itulah yang akan membawa kita menuju stasiun Manggarai. Oiya, naik bemo dari depan St. Carolus ke stasiun Manggarai cukup bayar 3000 ya!

Sesampainya di stasiun Manggarai, kita langsung beli tiket masuk (dalam bentuk kartu) *yang ini udah kaya di Malaysia aja cyiiin, tapi di Malaysia pake token*, dimana dari stasiun Manggarai ke Bogor cukup menebusΒ membayar tiket alias kartu dengan 9000 perak! Mahal? Gak sih, jadi gini… sebenarnya naik kereta a.k.a commuter itu cuma 4000 perak kok, nah yang 5000 peraknya itu duit jaminan, jadi sesampainya kita di stasiun Bogor, kita bisa ambil lagi duit kita yang 5000 perak tadi dengan menukarkan kartu tadi. Hoooo murceee! ke Bogor cuma 4000 perak! Hahaha norak ya gw, eiym! Iyalah yaaa… daripada naik bus, sesek napas yang ada… jauh lebih nyaman naik commuter πŸ˜‰

Ini wajah2 ababil kita sembari nunggu kereta πŸ˜€

Gak brapa lama setelah narsis2an ala ababil di stasiun, dateng juga kereta kita hohooo… supaaa excited!!! And yes, the trip begins!!! Oiya, perjalanan dari Manggarai ke Bogor cuma memakan waktu kurang lebih 45 menit.Β Quite fast yaaa… πŸ™‚

#BOGOR#

Sampai di stasiun Bogor, keadaan udah hectic alias rameeeee…banget! Mungkin karena hari Sabtu jadi semuanya pada pingin ngacir bwat wiskul dan jalan2 ke Bogor!
Nah berhubung kita smua blum pada sarapan jadilah perut kita udah kukuruyuk, meronta ronta, keroncongan pengen makan hihi… Dan secara kita punya guide ciamik *FYI, Mbak Mia salah satu anak kos’an itu asli dari Bogor* jadilah kita dibawa pergi cari tempat makan yang lazisss… Dan tempatnya Alhamdulillah deket banget dari stasiun. Yiiippiiee…kita dibawa makan di warung makan Panghegar yang terletak di Taman Topi (sebelahan ama stasiun Bogor). Disana jualan makanan khas sunda… pepes, sayur asem, lalap dan goreng2an gitu…

Pas nyampe sana, gw liat buku menu. Oke fineee… banyakan menu ikan air tawar which is gw kurang suka. Untung ada menu teraman sepanjang zaman yang dimana2 rasanya pasti mirip, yaitu AYAM!!! Hahaha πŸ˜€
Jadilah untuk makan pagi itu gw mesen pepes ayam, sayur asem dan nasi!!! Disitu lalapan dan sambel setan adalah bonusnyaaa!!! πŸ˜‰
Yang lain pada mesen pepes ikan mas… Hadeehhh… gw gak doyan!!! Nah bginilah tampilannya… FYI, pepes ayamnya enak, ukuran ayamnya pun cukup gedeee!!! Nyam nyam pokoknya. Dan yang paling juara menurut gw adalah sayur asemnya!!! Asli seger banget dan enaaaaaaaaaaaak banget!!! Untuk pepes ayam cuma 18.000 perak, nasi 3000 perak, dan sayur asem semangkok cuma 6000 perak. Huuuuaaaaaaaaah murce mamamiaaa… ❀

Oke deh, mari makan. Bon appetite!!!

Abis makan kenyang dan enak, kitapun langsung cuuuz untuk foto2 di Taman Topi. Yap itu adalah agenda wajib kalo jalan2! Dan inilah pose gw di depan salah satu patung di Taman Topi πŸ˜‰

Oke, next kita kemana??? Perut kenyang, kaki udah pengen jalan2 nih hihi…
Tujuan selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor dongsss… Tapi berhubung masih pagi banget dan bawaan berat, terpaksa kita kudu nitip tas ke salah satu Mal di Bogor hihi. Eh, tapi yang berat bukan tas bawaan gw, backpack gw cukup compact dan ringan. Bawaan paling rempong adalah punya cewe2 feminim di kos’an, yaitu Melong dan Desi yang Jawa banget hahahahaa πŸ˜€
So, kita ke Mal dulu bwat nitip barang2 bawaan mereka berdua yang udah kaya TKW dari Arab! πŸ˜›
Tapi sampe di Mal malah sempet2nya liat barang2 unyu dan blanja2 aksesoris, huaaah dasar cewe!!! Tapi gw ga beli apa2, gw udah gatel pengen buru2 ke Kebun Raya Bogor hahahaha… Gw anti beli beli kalo tujuan utama blom tercapai wkwkw… Nah disamping gw adalah duo racun dari Jawa Timur si Desi dan Melong πŸ˜€

Setelah barang dititip di Mal dan blanja aksesoris,,, barulah kita cuzz naik angkot ke Kebun Raya Bogor. Ayyyyeeeaaay. Oiya FYI, angkot di Bogor sama kaya angkot2 di kota lain, standard kok, cukup bayar 3000 perak sajaaah!

And, Kebun Raya Bogor, here we come!!! FYI, untuk turis domestik kaya gw dan temen2 cukup bayar 15.000 perak aja yaa… πŸ˜‰
Harga tiket masuk akan berbeda untuk WNA !

Sebenarnya di Kebun Raya Bogor banyaaaaaaaaaaaak banget foto2 keren, tapi masih di tab gw, blom gw pindahin hihi, ini foto boleh ngembat dari fbnya Ana… hahaha

Di Kebun Raya Bogor emang enaak banget! Adem, sejuk, plus pemandangannya hijaaaaaaaaaau bikin mata seger deh pokoknya! Udah gitu banyak spot foto kece untuk memfasilitasi kenarsisan gw haha…
Gw sama anak2 kos’an juga sempet naik bus-tour yang nganterin kita keliling Kebun Raya Bogor. Cukup bayar 10.000 perak, bus siap membawa kitaaaa πŸ˜‰
Di bus, selain nyaman, kita juga dikasi tau informasi mengenai semua tempat2 atau spot2 bersejarah yang ada di KRB. Trus, setiap ada tanaman yang unik, yang paling gede, yang usianya paling lama, kita pasti berhenti bentar dan bisa dengerin penjelasan dari tour-guide! Pokoknya bener2 liburan penuh pengetahuan deh πŸ™‚

Di KRB juga ada prasasti kuburan istrinya Raffles penemu bunga Raflesia Arnoldi! Megah banget deh, dan smua prasasti warnanya dominan putih! I’ll upload the pic soon yaaa πŸ™‚
Trus, di KRB juga ada pohon jodoh. Konon, yang berjalan disana baik laki2 atau perempuan akan menemukan jodohnya dan langgeng ampe akhir hayat! HeheΒ tau deh, wallahu alammm…Β gw gak nyoba, secara gw pergi ama cewe2 kan, mana mungkin gw wara wiri disono πŸ˜›
Selain ada pohon jodoh, juga ada jembatan keramat!!! *serem ya cyiiinnn* denger2 kisahnya sih, siapapun pasangan yang melewati jembatan itu akan putuuusss tuusss tuuusss… hehe ntah bener ntah ndak, tapi itulah crita yang beredar πŸ˜€

Pokoknya seruuuuu deh!!! Asli kerennn!!! Ini beberapa foto pas di KRB!

Hari makin siang dan panas!!! Udah haus lagi dong pastinya πŸ˜›
Saatnya cuuuz ke Sop Duren Lodaya!!! Hohooo kok duren dibikin sop??? Apa maksudnya? Emang enak gitu??? Surprisingly endesssss! Eh tapi mentang2 namanya sop trus jadi asin dan gurih gitu ya,,, NO!!
Sop duren itu beda tipislah sama es duren di Padang. Tapi ini pure duren! Duren murni!!!

Jadi sop duren itu isinya adalah daging duren yang diambil isinya tok!!! Trus dikasi campuran susu dan keju *itu versi originalnya* kebayang manisnya kaya apa???? Hahahaha enak kokkk! Lumayan bikin nambah kolesterol πŸ˜›
Harga 1 gelas sop duren yang gw pesen 23.000 perak. Itu aja gak kuat nambah lagi!!! Keliatannya dikit, pas dimakan, beuuuuh perut gw begah! Tapi sumpah enaaaaaaaaaaaaaaak πŸ˜€

Ini loh penampakan sop durennya… *pic took from my IG account*

Setelah perut kenyang *elus elus perut* hihi… saatnya kembali memulai perjalanan panjang!!! Yuhuu our next destination is Desa Cibeureum Petir yang letaknya jauh gilaaaak!!! Lebih jauh dari kampus Darmaga IPB. Ndeh Tuhaaan! Tapi,,, dijamin, gak akan nyesel kesanaaa *ini kata Mbak Mia*
Jadi Desa Cibeureum itu adalah kampungnya Mbak Mia, kita diajakin main dan nginep disana sama dia hohooo yipppiiie yeeeaaayy! Trus katanya lagi pemandangannya dijamin yahud! Oh My Goddd! Mauuuu!!!

Mari segera cuzzz kesana…

Dari pusat kota Bogor ke Desa Cibeureum kita ganti angkot 2x… Jurusan Darmaga IPB, trus nyambung lagi ke Desa Cibeureum kalo ga salah. Hahaa and you know what berapa lama perjalanannya? 1 jam by angkot! Wakakakakkaa… lumayan bikin pantat seksi kaya papan penggilesan lolll πŸ˜€
But I believe its gonna be worthed!!!

Sampe disana… ternyataaaa….

Subhanallah bangetttt!!! Bagus banget pemandangannyaaaa :’)
Sampe2 pengen nangis terharu saking indahnyaaa… Ada kali, sawah, pohon2an… just like Nagari di Sumbar, tapi auranya beda. Kenapa gituu,,, soalnya baru aja sampe disana, alunan musik sunda kedengaran, oh such a paradiseee!!!
Tapi jangan seneng dulu, penderitaan selanjutnya menanti hahaha..
Untuk mencapai semua “paradiso” itu, kita harus lewatin turunan curammmmm banget ke bawah! Handehhh,,, mau senang2, malah menderita πŸ˜₯
Tapi apa boleh buat, harus kesanaaaaaaaaa!!! Walo turunan curam tekad harus dibulatkan!!! Dan inilah hasil perjuangan hari itu, gw pose di depan sawah yang superbly beautiful!!!

Senyum gw di foto kliatan lebar tanpa beban yaaaa… Eh gilaaaaa jangan salah sangka, asal semua pada tau ya… Itu senyum kelegaan setelah lebih dari 1 jam di angkot, melewati jalanan berlobang2, trus melewati jalan menurun yang curam!!! This big smile is equal to big effort!!! *lebay eiym*

Puas foto2 di sawah dan ladang, sebenarnya niat pengen turun ke kali, mana tau ketemu Jaka Tarub kan, trus selendang di kepala gw hilangΒ diambil dia wkwkwkwk *ngimpi* . Niat mau turun ke kali batal karena cuaca kurang mendukung. Jadi kata Mbak Mia sebaiknya balik ke rumahnya dan siap2 bikin makan malam πŸ™‚

Sampe rumah, kita masak2. Gak usah beli2!!! Ikan yang mau dimasak tinggal ambil dari kolam Mbak Mia yang ada di depan rumahnya. Untuk bikin sambel, cabe dan tomatnya tinggal metik. Oh Tuhaaaaaaaaaaan aku suka hidup di kampung. Apa2 tinggal petik *irit ya cyin kayanya tinggal di kampung, mauuu… πŸ˜‰
Di dapur kita cewe2 kece ini keroyokan masak dan Ana sebagai Chef ahlinya wkwkkw… gw iris2 bawang, cabe, tomat dan segala macem dibantu Mbak Mia… si duo Jawa yang unyu2 bantu doa aja ya wkkwkw…

Pokoknya cetar dehhh! Dan hasil masakan kita ENAAAAKKK!!! Mungkin karena ikannya seger, trus langsung goreng sampe garing, dan sambelnya juga dari bahan2 fresh, enak banget deh!!! Gw aja yang kurang doyan ikan air tawar jadi doyan *hihi abaikan! Its a super nice trip! Eh baru hari pertama loooh… Pantengin terus critanya yaaa… Tinggal 1 hari lagi!!!
Dan di hari kedua besok ada pelajaran berharga banget soal bisnis pertanian *which I got from Bapaknya Mbak Mia… mau tauuu??? Pantengin yaaaaaaaaaaaa πŸ˜‰

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s