6 Hari. 4 Gadis. 2 Negara. #6

Assalamualaikum ^^

Sampai juga kita di crita hari terakhir liburan gw sama temen2 cewe gw. Setelah berdarah2 *istilahnya lebay* ngerjain 2 buah paper, sekarang gw udah agak free dan Im readeeeh for blogging hihi πŸ˜›
Iya nih, 2 minggu gw sibuk autis bgt sama printilan hidup seorang akademisiΒ (jiah sok bener istilahnya :P)Β Oke dehh… finally sampe juga di crita hari terakhir, banyak bgt ups and downs nya selama liburan kemarin, and this final chapter will summarize everything πŸ˜‰

Hari ke-6, 24 April 2014

… lanjutan crita yang gantung di hari ke-5 …

Masih inget dongs, ada 4 gadis ting-ting yang nyampe Singapore tanpa duit dollar Singapore sepeserpun?
Masih inget dongs, ada yang hampir dirayu-rayu masuk ke lembah hitam oleh perempuan berkebangsaan sama? *untung Allah masih izinkan “kinci-kinci utak” kami untuk jalan dan mengatakan white-lies haha πŸ˜€
Masih inget dongs kalo di Singapore ada yang sempet bete dan sampe di Harbour Front kemaleman?
Hihi yap itu kamii!!!

Okay, trus gimana setelah itu… Mau tau aja apa mau tau bangettts??? Hihi…

Jadi gini critanya…

Sampai di Harbour Front, kami semua girang banget laksana ketemu Oase di padang pasir. Gimana gak seneng, hari udah hampir jam 11 malam. Semuanya udah pada tutup dan mulai sepi. Otomatis girang banget dong! Hehe…saking girangnya kami, begitu kliatan lambang Harbour Front langsung ambil kamera dan foto! Hihi :p
Ini buktinya…

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Tentu saja, selain gw, ketiga temen cewe gw juga sibuk foto2 dong *please mind our super narsismo DNA*

Lanjut… setibanya kami di dalam Harbour Front Center itu, everything has closed. Resto Fast Food kaya KFC tutup, toko2 yang ada disana juga tutup, pokoknya mostly semua udah ga beraktifitas. Hiks kebayang spookynya dong? Trus kata Rini dan Ratih kita mending ke tempat pembelian tiket feri. Yah kali2 aja ada yang masih buka *tetep pantang menyerah*
Ya udah, akhirnya kita ke booth tempat pembelian tiket, tapi nihil. Semuanya udah tutup dan Harbour Front Center itu juga udah sepi banget. Oh My!
Tapi untungnya, walo semua udah tutup masih ada beberapa orang disana *mayoritas bapak-bapak* dan lampu2 pun masih hidup (well, mungkin karena lokasi HFC sndiri deket Mal jadi semua lampu masih aja terang benderang ehhee lucky us!)
Setelah dapet tempat duduk yang dirasa aman, kamipun narok tas punggung yang beratnya bikin tulang berasa mau patah di bawah, dan sempet2nya selfie pake tongsis Elsa wkwkwk

???????????????????????????????

Ahhh…akhirnya ngerasain juga deh jadi gembelΒ di Singapore haha πŸ˜€

Singkat kata, jelang tengah malam itu kami masih sempet2nya ngobrol walo kondisi badan udah gak fit. Gw sama Elsa masih sempet ngomongin project buku yang mw kita garap bareng… dan Ratih yang udah meriang memilih untuk tidur, sementara Rini usaha cari wifi gratisan haha

Oya, lagi asik2 ngobrol bareng Elsa, di depan gw ada seorang Bapak yang difabel. Beliau gak bisa jalan dan pake kursi roda, karena kakinya udah ga ada lagi. Kemudian beliau ngajakin gw ngobrol. Ya, karena temen2 gw udah pada tepar dan kleyengan, akhirnya cuma gw yang ngobrol sama Bapak itu. Elsa sesekali juga nanggepin obrolan si Bapak. Si Bapak itu crita ke gw kalo dia sering bermalam di Harbour Front, dan menurut dia cukup aman disana. Soalnya gak ada yang ngusir dia, dan orang2 jahat juga gak ada. Syukur Alhamdulillah πŸ˜‰
Si Bapak itu juga crita kalo dia hidup sendirian, anak2nya udah pada kerja dan hidup di Batam n Singapore, cuma karena dia ga mau sering2 ngerepotin anaknya, terkadang dia nginep di pelabuhan. Weird, huh? Entahlah, menurut gw kok ya tega ada anak yang ngebiarin Bapaknya tidur di pelabuhan sendirian. Pasti kedinginan dan gak nyamanlah. Apalagi Bapak itu pake kursi roda. Huuufht I suddenly remembered my grandpa… Tetiba gw jadi kangen Abe (kakek gw di Padang) hiks, kangen Abe dehhh… Gw janji sama diri gw sendiri, gak akan ngebiarin Abe kaya gitu dan kalo bsk Mama Papa udah tua, gw gak akan ngebiarin Mama Papa susah 😦

10246209_443783335768155_1539136884_n

Oke, setelah puas ngobrol2 sama si Bapak tadi, akhirnya badan pun udah gak sanggup lagi untuk diajak kompromi. Dan gw, Elsa, Ratih dan Rini pun bergantian untuk tidur. Karena Ratih udah demam banget akhirnya kita nyuruh dia tidur duluan. Rini juga tidur, secara udah gak kuat lagi menahan kantuk hehe… Tinggal gw dan Elsa yang masih melek dan ngobrol sampe tengah malam…
Gw salut sama Elsa, yah secara dia kan tampilannya jeng-jeng banget, alias feminim, gw gak nyangka dia sanggup nginep di pelabuhan hehe thumbs-up for you darling! πŸ™‚
Kalo gw sih udah biasa susah lah hehe tahun 2012 gw sama salah seorang sahabat gw, pernah nginep di Airport untuk ngejar pesawat paling pagi ke padang. Jadi nginep2 di tempat yang diluar batas kewajaran gak masalah bagi gw πŸ˜›

Dan… obrolan kita pun berlanjut sampai gw udah gak kuat lagi, mata gw udah minta diistirahatin. Trus kata Elsa, gw rebahan duluan aja, biar dia yang melek, sampai nanti Ratih atau Rini bangun trus gantian jagain barang2. Oke deh, akhirnya gw sempetin tidur, dan Elsa sempet ngecandid gw lagi tidur. Haha asli deh, kaya gembel banget. Backpack dijadiin bantal, tidurpun udah kaya ular, melintir2 gitu. Gak bisa lurus *maklum tidurnya di kursi ruang tunggu HFC* wkwkwkw

???????????????????????????????

Gw kebangun sekitar jam 2an. Ya, gw cuma tidur 2 jam. Dan ketika gw kebangun. Rini masih tiduran, Elsa udah kleyengan dan Ratih udah ketemu sama Ibu2 yang kaya Chinese tapi bisa ngomong pake Bahasa Indonesia. Hadeehhh,,, bukannya apa2, dari obrolan yang gw denger antara Ratih dan Ibuk2 itu udah mulai aneh2. Masa si Ibuk2 itu suka nanya2 hal yang detail banget ke Ratih. Gw sama Elsa bukannya gimana2, kami takut Ratih di hiphop sama ibuk itu (hiphop: hipnotis – red). Yah secara kan Ratih anaknya polos bgt kan, jadi kami takut dia knapa2. Akhirnya gw sama Elsa jadi ekstra waspada banget ngeliatin Ratih sama ibuk itu ngobrol. Well, jika kalian jadi gw, pasti was-was juga dong, gimana enggak, kita di negeri orang, kalo ada apa2, gimana? apalagi ini udah jam 2 malam dan kita gak kenal dengan orang tersebut. Ini bukan suudzon, hanya berjaga2 jika sekiranya terjadi hal yang gak kita inginkan. Trus Ratih kayanya juga ‘ngeh kalo gw n Elsa gak nyaman ngeliat dia ngobrol sama Ibuk itu. Akhirnya Ratih pun berusaha mengakhiri pembicaraannya dengan si ibuk. Hufffhht syukur Alhamdulillah!

Jarum jam berjalan lagi, gw gak inget banget kejadian selanjutnya… Yang gw inget gw sama Elsa bergantian tidur. Dan sayup2 kedengeran Ratih dan Rini yang ngobrol dan mw bergantian ke toilet buat cuci muka dan bersih2. Eits jangan mikir bersih2nya brarti kami mandi ya… NOOO! Di Singapore, which is aer pada mihill, ga ada toilet yg airnya mlimpah. Yang ada cuma kakus plus tissue toilet, ditambah wastafel tempat cuci muka yg ada krannya. That’s it. Cuma itu doang yg ada. Tapi… sumpeeee… luar biasa bersihnya. Nah kalo utk hygiene nya gw kasih jempol deh πŸ™‚ Hohoo
Yap, hanya bersih2 kaya gitu yang bisa kami lakukan, dan so pasti tissue basah yang kami bawa dari Indonesiapun menjadi dewa penyelamat pas momen2 kaya begitu *kami bukannya jorok, tapi ini terpaksa karena keadaan haha tetep defensif*
Oke setelah sayup2 mendengar Ratih dan Rini ngobrolin soal bersih2, gw pun tidur lagi…

Pas gw melek, tiba2 disamping gw udah ada bidadari berjilbab pink!!! Wakkaka… ya, pas gw kebangun skitar jam 4an itu (jelang subuh) disebelah gw udah ada Elsa yg udah rapi plus wangi! Udah ganti baju, udah dandan *pake bedak, lipstick, blush-on dan maskara* pokoknya udah ready dan siap tempur wkwkw… Gw langsung cengok dong! Kebanting banget sama Elsa. Gw masih pake baju kemarin, udah asem dan gak berbentuk… Akhrinya Elsa bilang ke gw dan Ratih supaya buruan beres2, slogannya Elsa: Mandi gak mandi, dandanan tetep ON! Haha…emang dasar make-up artist dah temen gw yang satu itu. Dan karena terbujuk serta termakan omongan Elsa akhirnya gw dan Ratih bersih2 ke kamar mandi. Rini juga udah rapi dan berganti baju. Hadeeeuh tinggal gw dan Ratih nih yang belommm… Cuzz ke toilet!

Di toilet, gw dan Ratih bergantian bersih2, berhubung sepi, jadi kami saling jaga. Takut ada apa2 gitu kan. Preventive is a must ladies! Tapi emang dasar rese, (padahal kami udah waspada loh), adaaa aja yang ilang! Anak jilbabnya Ratih ilang! Gak tau siapa yg nyolong! Tapi kata Ratih, pas dia tuker baju gitu, si Ibuk2 temen dia ngobrol tadi masuk ke toilet, dan gak tau deh, kenapa anak jilbab itu bisa raib. Aneh kannn? Knapa juga anak jilbab yg ilang? Bukannya duit, hape atau kamera. Wakakakak aneh super anehhhh!
Yo wis, gak usah ngebahasa masalah anak jilbab yg raib. Anggap aja, tu anak jilbab udah kembali ke pangkuan Yang Maha Kuasa wkkwkw :)))

Pagi pun menjelang, dan kami berempat sudah readiiii!!! Kami udah lumayan rapi dan wangi (walau tanpa ritual mandi kembang) dan siap untuk selfie2 hihi…
Oya, berhubung duit kami bwat beli tiket feri kurang, terpaksalah kami menukar uang rupiah dalam bentuk dollar Singapore. Saat itu Ratih, Elsa n Rini yang cari money changer. Gw masih kleyengan tralalaaa… πŸ˜›
Akhirnya ketika duit sudah dituker, kami bisa beli tiket feri. Yeaaaay Alhamdulillah,, duit yg kami tuker juga ga banyak kok, cuma nambahin beberapa dollar aja utk beli 4 tiket feri. Oiya, kami dapat feri yg brangkat jam 8 ke Batam πŸ™‚
Sebelum naik feri dan ngantri, selfie2an wajib dongs ya…

???????????????????????????????

???????????????????????????????

And of course, BYE BYE SINGAPORE!!! I promised that Ill be back soon *dendam bgt krn gak bisa foto untuk ke2 kalinya di Merlion huhu… masa cuma 2010 doang foto di Merlion*

Di atas feri, kami semua terlelap saking masih kelelahan. Yuuhuu, walo cuma 45 menit dari Singapore ke Batam, tapi worthed bgt tidurnyaaa,,, krn ferinya emang nyaman, dan anginnya semriwing πŸ™‚
Ah, gak brasa ni liburan mw berakhir… Hikshikss…

BATAM, we’re coming!!!

Sampe di pelabuhan Feri di Batam, yang kebetulan ada emol-nya jugak, kami langsung cari makan. Hahaha laper kelas berat boo… Oya sekedar info, disana makanannya cukup mahal, dan terkadang bisa dibayar pake dollar Singapore juga. Gw dan temen2 nemu kafe yang nyediain makanan normal gitu,, hehe semacam ayam penyet, mie ayam dan berbagai macam minuman. Dan untuk sepiring nasi dan ayam goreng yang gw order, gw harus bayar 30.000, trus teh anget yang gw pesen harganya 15.000. Mahal??? EMANG! Tapi apa daya perut laperrrr… Dan udah kangen masakan Indonesia, akhirnya beli juga wkkwkw

???????????????????????????????

Perhatikan foto diatas. Baru libur 5 hari, muka udah menghitam ahhaha… Susah2 dijaga biar kinclong, ujung2nya dalam waktu 5 hari jadi gosong. Itu namanya resiko berlibur ya pemirsah πŸ˜›

Kelar makan, Rini pun menghubungi saudaranya yang tinggal di Batam untuk ngejemput kami di pelabuhan dan ngajak kami berkeliling. Yeaay asik bisa keliling2 Batam walo cuma beberapa jam πŸ™‚
Pas jam 10, kami dijemput sama saudaranya Rini, dan kami diajak ke salah satu spot yang bisa dijadikan tempat berfoto hueheheh… Yap, tentu saja harus foto di depan tulisan “WELCOME TO BATAM” kan? Sebelum sampe kesitu, kami harus melewati jalanan kota Batam yang mulus… Yap, di Batam jalannya sih lurus2 aja, tapi gersang booo… Gak banyak pepohonan! Otomatis cuacanya bikin gerah 😦
Iya baru jam 10 pagi tapi udah terik banget rasanya. Well, mungkin karena Batam deket banget dari laut dan merupakan daerah industri, jadi ya gitu deh, panasss plus gersanggg… Tapi overall, kotanya cukup bagus *emang kota buat persinggahan dan pusat industri*

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Look! Sepanas apapun cuaca di Batam, tetep ga menghalangi niatan kita bwat foto2 hihi. Duuh, andaikan waktu kita masih banyak di Batam, Rini mw ngajakin kita jalan ke Costarina, Barelang, dll… Huaaaah tapi berhubung hari itu kita musti cuz ke Padang pake flight jam 4 sore, jadi emang jalan2nya gak bisa 😦
Pokoknya agenda di Batam cuma belanja tas2 dan makanan2 gitu… Ya lumayanlah, setidaknya bisa blanja oleh2 untuk orang rumah πŸ™‚ *tapi ini mengindikasikan, one day gw harus balik ke Batam bwat berlibur* hahahaha tetep yaaa

Kalap Belanja – Mulai dari Β Ngeborong Makanan Ringan sampeΒ Nawar Tas/Parfum/Jam Tangan

Our first destination di Batam adalah ke TOP 100, yap disana menjual berbagai macam makanan ringan impor yang harganya miring banget kaya menara Pisa. Hihi…
Tinggal sebut mau beli apa. Roka-roka ada. Snack ikan ada. Apa aja ada… Dan memang menggoda iman haha… Elsa sampe belanja banyak banget, lebih dari 250.000 kalo ga salah, cuma bwat beli makanan doang! Wakakkaa hedon! Pokoknya ngeborong! Elsa, Ratih dan Rini sukses membawa masing2 1 karton makanan *karena mereka emang big family dan banyak anak kecil di kluarganya*, gw ga sampe sekalap itu, gw cuma belanja 1 kantong gede hihi… Tau sendiri kan, Mama Papa ga doyan snack2 kaya bgitu, paling yang makan cuma gw sama Lintang plus spupu2 gw yang notabene gak sampe 6 orang…

Kelar belanja di Top 100, kami dibawa lagi sama saudaranya Rini bwat liat2 tas. Tau sendiri dong di Batam banyak tas yang murce2? Di satu daerah itu isinya butik tas smua. Ampe bingung mau masuk toko yang mana dulu wkwkkw… Nah disini, Ratih blanja paling gila! Dia beli backpack yang bisa didorong juga trus beli parfum juga kalo ga salah. Rini juga beli jam disana… Wakakaka, pokoknya shop till you drop!!! Elsa juga beli tas unyu2 gitu untuk kompartemen di tas-nya. Nah gw? Gw blanja apa?
Nope. Gw gak blanja. Tau sendiri kan gw tomboi, gak ketemu tas yang cocok di selera gw. Ada sih nemu Long Champ kw-kw’an, tapi harganya ga cocok. Hihi yo wes, say bye bye… πŸ˜€
Oiya, saran bwt yg mau ke Batam dan ngeborong tas2 unyu, sebaiknya bandingkan dulu harga antara satu toko dengan toko lain, jangan pas suka langsung beli aja, karena kalo kita ke banyak toko, kita jadi tau harga pasarannya brapa, jadi ga dibodoh2in sama yang jual πŸ™‚
Karena ada juga loh beberapa pedagang nakal yang main tarok harga sembarangan. Padahal aslinya gak sgitu. Pokoknya cerdas membeli ya girls πŸ˜‰

Cuzzz ke Hang Nadim

Tepat jam 2 siang kami pun berangkat ke Hang Nadim. Yaap, berhubung pesawat kami jam 4 kami harus bergegas. Bukannya apa2, barang bawaan kami segaban2, jadi kami harus cepat2 check-in supaya nanti gak rempong!

Setelah say Thank you sama saudaranya Rini, kamipun check in di airport dengan barang bawaan udah kaya orang pulang haji! Asli banyak dan berat banget. Hadehhh… Ini buktinya! Oiya foto ini diambilin sm mas2 petugas Bandara yang unyu2 plus baik banget πŸ™‚

???????????????????????????????

Okay, setelah check-in, kamipun solat dan kemudian cari makannnnn!!! Iya dong, setelah muter2 blanja oleh2 kami otomatis kehabisan energi πŸ˜€
Tapi bukannya cari nasi, kami malah cuz ke Starbucks hihi critanya balas dendam karena pas di Melaka kami cuma cengok liatin orang nongkri di kafe :))
Di setarbak kami pesen sandwiches dan kopiiii… Mahal mahal deh, sebodo amat hahahah *mulai sombong kalo udah di Indonesia wkwkwkw*

???????????????????????????????

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Setelah puas makan dan ngopi2 cantik akhirnya kami cuz ke waiting room bwat nunggu pesawat Citilink ke Padang yang bakalan take-off jam 4 sore. Pas di ruang tunggu hectic banget, jadi kami ga sempet lagi untuk sekedar selfie2an hehe *mulai tau diri*
Kami juga ngerasa badan udah mulai letoy alias pegel, ehhehe… kemarin kondisi badan dikuat2in, well, mungkin karena jalan2 dan hati hepi terus makanya ga brasa capek ya… tapi pas udah mw balik ke Padang, rasanya badan kok ya butuh dipijit dan butuh tidurrrrr… hehehe *trust me, terkadang backpacker itu gak enaknya ya bgini, tidur jadi ga sempurna* hahaha πŸ˜€

Gak berapa lama setelah kami duduk di waiting room, panggilan untuk menaiki pesawat pun terdengar. Huaaahhh goodbye Batam, sampe ketemu lagi ya πŸ™‚
Cuma bentar doang, tapi udah sangat berkesan *terutama shopping experiencesnya*

Touchdown Padang!!!

Kami sampe di Padang dengan selamat sentosa kira2 jam 5 sore πŸ™‚
Dan of course harus nunggu barang kami yang banyaknya aujubileee… Pas nunggu barang ada kejadian yang sedikit gak enak, tas gw kena kaporit gitu. Tauk deh, kayanya pas nurunin bagasi petugasnya asal2an deh 😦
Mau complain badan udah gak ada tenaga lagi. Lagian udah malem juga, dan kebetulan gw nebeng sama Ratih sampe simpang Damri, jadi gak enak dong bikin orang tuanya Ratih nunggu…

FYI, gw dan Elsa berhenti di simpang Damri kemudian pulangnya lanjut naik bluebird. Kalo Rini stay dulu di tempat Ratih, besoknya dia baru balik ke rumahnya di Payakumbuh…

???????????????????????????????

Gw sama Elsa naik taksi soalnya itu udah malem, dan rumahnya Elsa jauh. Yah daripada kenapa2, mending naik bluebird kan πŸ™‚
Sebelum pulang, mampir dulu ke Gramed, Elsa mw beli mainan bwat ponakan2nya huehehehe… demi ya Sa, bela2in ke Gramed :)))

Ah, pokoknya its a super AHH-Mazing holiday πŸ™‚
Mungkin banyak yang ga percaya, gw dan teman2 rata cuma ngabisin 2 jutaan untuk jalan2 dan penginapan selama di Malaysia n Singapore. Yap, walo di Singapore cuma itungan jam, tapi gapapala, gw menghitungnya sebagai 2 negara wkwkwkw…
2 juta itu udah termasuk oleh2 pas di Melaka dan KL loh… Trus udah include hotel, transport, dll… Eits, tapi exclude tiket pesawat yaaa… Kalo di total, Gw spending budget sekitar 2,8 jutaan πŸ˜€
Yah, lumayanlah bwat liburan 6 hari duit sgitu bisa dibilang murah, tapi ada juga yang bilang rada mahal… Hehehe terserah penilaian kalian smua guys πŸ˜‰

Pokoknya gw banyak belajar di liburan ini, dan itu akan jadi memori yang tak terlupakan seumur hidup gw. Pergi berempat kemana2, betis bekonde, makan kadang2 asal2an, hehe… (bisa murah banget, bisa mahal banget) trus juga blanja2, nyasar2, ada bete2annya juga, trus juga nekad ga ada duit di negeri orang wkwkkww, ditawarin yang enggak2 sama mbak2 di Singapore. Lengkap pokoknya! Intinya, kalo mw liburan koboy dan hemat, gw emang lebih milih backpackeran daripada sama tour n travel. Experiencenya itu loh… gak ada yang ngalahin πŸ™‚
Trust me, walopun pake Tour n Travel kita terima beres, tapi gak akan ada yang ngalahin pengalaman backpacker. Beneran loh ini! Backpackeran itu bikin nagih πŸ™‚
Dan yang pasti, backpakceran itu melatih kemandirian terutama dalam memanage keuangan, trus belajar berani! *itu yg paling penting*

Huuuuaaaaaaaaahhh gak sabar bwat liburan berikutnyaaa!!! πŸ˜‰

Note: Thanks bwat yang udah mantengin crita liburan ini ya! Special thanks to Elsa, Ratih n Rini. Girls, you’re just soooo awesome! Cant wait for next holiday girlsss…

Leave a Reply

