Ketika Harus Kembali Ke Ranah “Scientific Research”

Assalamualaikum!

Kembali dengan ke-rempong-an saya soal sekolah! Hahaha… Ratu galau balik lagi 😛
Kali ini bukan galau menentukan sekolah dan beasiswa! Yaaa… BUKAN! Kali ini galaunya udah naik level, which is soal proposal disertasi alias proposal estigah! Hooo… rempong! Dahulu kala, zaman2 S2 (itu 4 tahun yang lalu), saya mengambil topik riset tentang:

“Gender Participation in Food Provision at Post-Earthquake Period: Case Study in Korong Ambuang Kapua, Nagari Sungai Sariak, VII Koto Sub District, Padang Pariaman District”

Dan sekarang, berhubung calon advisornya “tidak terlalu” interest sama gender2an, terpaksalah saya sedikit memutar haluan ke arah environmental law murni! #haiiishhh 😀
Saya ga mau ambil resiko sok2an ngajuin proposal tanpa memperkaya literatur saya! Yang pasti mulai detik ini saya harus meningkatkan ‘minat’ baca dan supply buku2 saya lagi *terutama soal hukum lingkungan*! Frankly speaking, di Sumbar persoalan yang menarik dibahas ya paling soal gempa2an dan bencana alam lain. Tapiii… Oh God, masa itu lagi?! Jangan gempa lagi, sudah cukup dari tahun 2010 kerja di NGO international yg project-nya soal gempa2an. Puhleaseee… I hate that! Cukup di Terre des Hommes, Islamic Relief n Mercy Corps saya ‘berkutat’ masalah itu.
Well, walo sebenarnya ada kaitannya sih disaster dengan lingkungan and even climate change, tapi ya udahlah ya booo… saya maunya tentang masalah deforestasi aja! #lebih menantang sepertinya hihi #eeaa 😀 😀
Atau livelihood boleh juga tuh! Saya jadi inget 5 pilar dalam livelihood… Kaya gambar di bawah ini lohhh…

Gambar ini menjelaskan bahwa untuk mencapai keseimbangan dalam penghidupan manusia, 5 aspek penting harus bener2 diperhatikan, which are; Human Capital, Natural Capital, Financial Capital, Social Capital and Physical Capital. Ini terms-nya udah jadul sih, tapi masih make-sense sampai detik ini! Salute utk researcher yg nemuin teori ini 😀

Intinya, saya ingin lebih fokus kesituuuu! Ke Natural Resources Management with the touch of legal science (secara saya dosen hukum!) I love legal science 🙂

So, gmn dgn ide proposal disertasi? Udah oke blum? Hihi, ya oke gak oke sih… Tapi ide awal saya begini… Saya sebenarnya mw ambil sedikit sentuhan dari Thesis S2 saya, yaitu tentang “food security”. Jadi, here is my analysis:

“Manusia di muka bumi ini pertumbuhannya pesat banget kan? Terutama dari sisi kuantitasnya. Nah sementara itu, pasti timbul pertanyaan: APA JUMLAH PANGAN YANG ADA AKAN BISA MEMENUHI KEBUTUHAN SEMUA UMAT MANUSIA? Secara kan, hutan…lahan pertanian…makin lama makin habis dibabat manusia utk dijadikan tempat tinggal/tempat usaha dan lain lain. Trus siapa dong yang menjamin ketahanan pangan manusia? Apa pemerintah? Apa manusia itu sendiri? Trus pengaturan hukumnya gimana tuh? Manusia butuh makan, butuh keamanan n ketahanan di bidang pangan, tapi manusia juga ngancurin sendiri sumber daya dimana makanan itu berasal… Kita pasti butuh limitasi (pembatasan) sejauh mana kita menghancurkan lahan sumber daya yang ada kan? Supaya anak cucu kita besok pangannya aman.”

Ya kan??? Its weird menurut saya! Manusia butuh instrumen hukum utk membatasi aksi mereka sendiri dalam merusak sumber daya/lingkungan yg ada. What do you think, guys? Haisssh.. pembahasan yg cukup berat di malam ini *waktu sudah menunjukkan pukul 00.15 malam loh* hihi saya masih aja anteng depan lappy nyari jurnal trus ngeblog ahhaha… #napsu utk skolah lagi tinggi! Jadi harap maklum yaa 😛

*seorang akademisi galau yang sudah 2 malam berturut2 tidur subuh haha*

2 thoughts on “Ketika Harus Kembali Ke Ranah “Scientific Research”

  1. devisaadah May 7, 2014 / 3:41 pm

    idenya cukup menarik jika ditinjau dari segi hukum tapi apakah cukup segitu aja pembahasannya jeung??? Bagaimana jika ditinjau dari aspek masyarakatnya sendiri? Bukankah sekarang hukum merupakan sesuatu yang bisa diperdagangkan? Coba jeung lengga cari tau deh analisa yang lebih kuat serta mendalam untuk mempertahankan ide mu ini….ini hanya sekedar input aja.

    • Miss Pradipta May 7, 2014 / 7:07 pm

      iya kak,,, aku lg memperkaya literatur ttg itu, dilihat dr sisi communitynyaaa,,, makasi byk inputnya kakkk 😀
      sering2 kasih masukan ya kakkk… 🙂

Leave a Reply

