Ketika Jadi Anak Kos: Sarden Kalengan + Sambel Terasi Sachetan Enak Juga

Assalamualaikum…

Hi fellows… Back with me again! Tapi kali ini sesi masak2 ya… Bosen ah curhat terus2an *hihi tetep* So, sekarang sudah Jumat, almost a week Im in Jakarta and officially become anak kos (untuk kesekian kalinyaaa) haha… Dan so pasti, anak kos kan mempunyai keterbatasan kan ya… Baik dari sisi financial, fasilitas de el el… Duit terbatas, kulkas ga ada (ga bisa simpen2 lauk pauk n sayuran) terus alat masak juga terbatasss… Wekeke… beruntung tempat kos gw disini, lantai 1 nya ada dapur yang bisa dipake semua penghuni kos πŸ™‚
Tapi teteplah ga seleluasa rumah sendiri yang bisa gw “hancurin” dapurnya alias gw ‘udeg-udeg’ hohoo… But heeiii… itu gak menghalangi niat gw untuk memasakkk!!! Yeah, since I loooveee… cooking so much, dan gw bosen beli makanan jadi, akhirnyaa… tadaaa… tadi siang gw masak! Wekekkee… a simply cooking, tapi ternyata endesss juga! Boleh dicoba jika tak percaya hohooo…

Kali ini gw menggabungkan 2 jenis makanan siap saji dalam bentuk masakan. Yaitu sarden plus sambel terasi. ABC Sardines Extra Pedas 425 gr

Biasanya sih gw addicted sama yang merk Botan… Tapi berhubung Botan emang mihil, jadi gw pake sarden kalengan yang harganya ramah di kantong anak kos, yaitu Sarden ABC Ekstra Pedas… Gw lupa harganya berapaan, yang pasti semalam beli di AlfaMidi deket kosan. Hohooo… Terus, bahan selanjutnya adalah… Sambel terasi yang udah beli jadi wakakak… Gw ga suka yang merk ABC karena menurut gw pedesnya sok2an, alias LEBAY! Gw lebih suka sambel terasi merk Finna…
Tampilannya kurang lebih kaya begini (gambarnya ga kliatan ya cyiinn… wekeke… gw pake 1 sachet aja!) πŸ˜€

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTMbxCnihjT3oN7HO39MX0Fs5ST7w_8seFQXjx9bHHzFeUlFIRS1nKzjhzK

(ini gambar keduanya boleh nyomot di google, so sorry for the bad quality ya guys…) Nah cara masaknya…

  • Buka kaleng sarden, kemudian pisahkan ikan dan sausnya
  • Panaskan minyak goreng, setelah cukup panas, cemplungin semua ikan sarden, (sebaiknya tutup penggorengan, karena sarden-nya pasti ngamuk dan meletup2 kalo digoreng) hehe…
  • Pas dirasa ikannya udah mateng, ambil dan tiriskan. Minyak abis goreng sarden tadi ga dipake lagi ya… (demi meminimalisir kolesterol jahat pemirsahh…)
  • Panaskan lagi penggorengan, setelah dirasa panas, tuangkan semua saus sarden tadi… Tunggu sebentar sampai wanginya kecium
  • Oke, terakhir masukin 1 sachet sambel terasi, dan aduk! Kalo udah agak mateng, biasanya warnanya agak kecoklatan.
  • Terakhir, masukin ikan sarden yang udah ditiriskan tadi. Campur, udeg, dan…sajikan!!

Percaya gak percaya, rasanya enaaakkk… πŸ™‚
Tapi gw lupa moto-nya tadi pas abis masak. Huaaahh… Jadi ga didukung alat bukti deh! Heheh, tapi saksi mata-nya ada kok, Ana temen kos gw ikut nyicipin, katanya enyaaak… Horeee!!! πŸ˜‰

Sampe ketemu di resep praktis ala anak kos berikutnya yaaa…

Leave a Reply

