Welcome To 50 Hours IELTS Intensive Class #3

Assalamualaikum!

And, it is the last chapter of IELTS Intensive Class πŸ™‚
Yipppiee, setelah 2 episode (ceilah sitilahnya!) menceritakan tentang awal2 keseruan IELTS di IALF, sekarang saatnya sesi terakhir ngebahas semua tentang per-IELTS-an hahaha *lebay*

So, like what I mentioned before, this intensive training only takes 50 hours, which is 2 weeks, from Monday until Friday (in average, 5 hours per day!). So, gw blajar IELTS selama 10 hari *lengkapnya sih gitu ya*…
Nah loh, kenapa persiapan gw cuma 2 minggu aja??? Apa gw sok pinter gitu, sehingga ngambil yang 2 mingguan? Hehehe… bukaaan! Jadi gini, sebelum gw kontak kantor IALF, sebenarnya mereka punya 3 program:

  1. Preparation 1 : khusus untuk student yang Englishnya masih biasa, dan punya skor TOEFL < 500.
  2. Preparation 2 : khusus untuk student yang “sudah” cukup mahir dan fasih berbahasa Inggris, dan punya skor TOEFL > 500 (dan gw masuk kategori ini, berhubung karena skor TOEFL ITP gw itu > 500, jadi IALF menempatkan gw di kelas Prep 2)
  3. Preparation Plus : khusus untuk student yang sudah pernah dapat pembekalan/tes IELTS sebelumnya.

So, maka dari itu, gw cuzzz di kelas Prep 2! Udah tau kan skarang kenapa πŸ™‚ FYI, IELTS beda bgt sama TOEFL (seperti yang udah pernah gw bilang). Cuma sebenarnya sama, yaitu mengukur kemampuan Bahasa Inggris kita. Nah bedanya itu, IELTS lebih spesifik. Kalo TOEFL main pukul rata utk semua kandidat (whether for student wanna be, atau utk org yang mw kerja kluar negeri), dan di IELTS gak gitu!!!
IELTS punya 2 spesifikasi utk kandidatnya:

  1. IELTS for Academic Training : khusus untuk calon mahasiswa yang mau kuliah di luar negeri, baik undergraduate maupun postgraduate. Dan khususnya lagi di negara Eropa, Australia, NZ. Well, US juga bisa kok πŸ˜‰
  2. IELTS for General Training : khusus untuk calon pekerja yang mau kerja di luar negeri. Dan modulnya beda dengan modul academic yang emang lebih “fokus” kepada bahasa akademis Β πŸ˜‰

Hehehe… kok kayanya jadi promosi IELTS nih πŸ˜› Biar deh, skalian kasih info ke teman2 lain yang masih belum banyak tau tentang IELTS (terutama teman2 di daerah). Singkat kata nih ya, IELTS will guide you more specific!

Thus, di kelas Prep 2/60 (nama kelas gw Prep 2/60), gw blajar tentang cara nulis ilmiah pake Bahasa Inggris dengan lebih baik, logis dan terstruktur. Uhmm, di S2 diajarin sih, tapi kan gak bener2 detail kaya sekarang. And you know what? Karena Bahasa Inggris bukan our mother-tounge, jadi yah, wajar banget kalo Doktor bahkan Profesor sekalipun masih sering keliru menulis yang tepat menurut struktur Bahasa Inggris (and even me! I did mistakes too!) Huahaa… padahal gw ex-English instructor loooh! Kebayang kan, masih banyak yg perlu gw pelajari. But overall, Im happy dan semua ilmu dari para suhu “IELTS” akan gw amalkan dengan baik. Hihihi…

And yes, 2 minggu itu ternyata cepat banget berlalu… Hiks… Gak berasa IELTS class gw udahan Jumat kemarin. Well, gw pasti bakalan kangen banget sama classmate yang pinter2 tapi bocor itu. Kangen mereka dan sifat supportive-nya itu loh :’) Dan kangen sama Jason and Simon yang bener2 ngajarin kita dengan tulus dan keren sehingga gw ngerti pelajarannya. Huaaahhh!!! I never found English teacher like them!!! Seriusannn! Instruktur TOEFL yang pernah gw temuin, kalah smua dehhh!!! Ini objektif loh. Murni karena gw ngerasainnya. Jadi kalo ngerasa ada yang tersinggung, no offense yaa… *maybe the other factors are because they are native!* eh,,, tapi gw pernah ketemu native juga di ELS, ga sekeren Jason n Simon deh, hahahaa… tetep!!! And this is Simon, my fave instructor!

Hmm… so pasti, smua awal pasti ada akhir dong ya… And Im obviously sad, when I realized that this class will be over! Bukan cuma gw aja! Kita semua sekelas sediiihhh… πŸ˜₯ Sedih ga bisa belajar bareng lagi, ketawa2 lagi di pantry sambil makan siang, dan ga bisa lagi ngakak2 di kelas kalo pas icebreaking. Hiks, so sad…
Tapi, kita ber15 janji, one day we’ll meet in other continents! Yap, kita janji utk ketemu lagi di belahan bumi lain, dan harus makin sukses! Amiiinnn… Walo negara tujuannya beda2, tapi wajib kumpul di satu spot. Amin amin ya Rabbalalamiiin… πŸ™‚
Im so happy to meet them. Beneran deh. Tambah temen, tambah sodara, tambah ilmu. Komplit! Guys, semoga kita ketemu lagi yaaa… di lain waktu, harus udah sama2 meraih impian! Intinya impian itu harus kita wujudkan! Amiiin!

And here they are… Minus 2 orang sih, Rijal dan Ryan yang ga datang in the last day! Huuuah! Gonna miss you guys! Its not goodbye, just another see you later!

Our pic with Simon. Our fave instructor! Yeaaay! πŸ˜‰

Leave a Reply

