Happy Birthday, My Baby Business!

Hellow! Assalamualaikum! πŸ˜‰

Yesterday was June 19, 2013 and it means… Integrated Service Indonesia is now one-year-old! Yeaaay!
Gak berasa, udah setahun aja saya merintis usaha ini. Hehehe… ada suka dukanya, itu pasti. Tapi, lebih banyak sukanya deh. Hohooo really! Dan, saya belum pernah ceritalah ya tentang apa itu Integrated Service Indonesia, dan apa goal dari usaha ini, mau dibawa kemana usaha ini dan bla bla bla… Hehe belum pernah kan ya? So, because of that, Im gonna tell you completely! Yah, mana tau bisa memotivasi teman semua untuk bikin usaha serupa. Hehehe… *let’s do a bit flashback*

Jadi gini, Integrated Service Indonesia itu established (cie, bahasanya) itu tanggal 19 Juni 2012. Dan ide awalnya tercipta waktu saya masih ngekos di Bukittinggi. FYI, awal2 karir saya sebagai dosen saya tinggal di Bukittinggi. Okay, skip! Ini bukan tentang masa2 sulit waktu itu hehe…
Jadi tanggal 19 Juni 2012 itu, saya tidak masuk kerja alias tidak ke kampus. Kenapa? Ya, males aja. Udara Bukittinggi dingin dan waktu itu lagi musim hujan, besides, I have no class. Daripada cengak cengok ga jelas di kampus, mending di kost. Nah, pas itu, tepat dua minggu kepulangan saya dari Bangko dan Kerinci (saya sempat terlibat sebagai peneliti muda di project itu), FYI, bisa dilihat diΒ Bangko on ResearchΒ danΒ Kerinci on Research. Dan jujur, setelah penelitian itu selesai, saya jadi anti punya mono-job! Hahaha… I just cant stand of being a lecturer only! Yah, saya butuh sebuah usaha yang bisa bikin saya makin berkembang (secara keilmuan) dan bikin saya makin banyak networking dan tentunya menambah tabungan saya. Hehe alasan terakhir klasik sekali ya… πŸ˜‰

Lah trus kenapa usahanya jasa? Well, mungkin bagi sebagian orang, mereka ga tau dan ga mau tau apa itu Integrated Service Indonesia but lemme explain…
Integrated Service Indonesia itu… Merupakan sebuah usaha terintegrasi, mulai dari jasa terjemahan dokumen, jasa pembuatan proposal (bagi perusahaan atau lembaga mana saja), jasa pengecekan skripsi/thesis berbahasa inggris, jasa tour guide juga ada (hehee) trus ada english private class… and the newest one, story telling! Hehehehe… lengkap deh! Dan itu semua dijamin kualitasnya πŸ˜‰ Okay, ntar saya critain…

So, di tengah dinginnya hari, saya ngendem di kamar kost, dan mulai membuat website (walo cuma free web yang dari wordpress). Hehehe saya cuma kepikiran satu hal. Dari zaman2 SMA saya ngetranslate-in punya orang (bahkan tulisan punya temen papa saya), saya selalu dibayar dengan Thank You, dan dibawah standard. Kalopun orangnya berbaik hati maka traktiran makanlah yang saya terima. Eits, tapi bukan makan steak dan semacamnya loh, zaman2 dulu pas saya SMA tahun 200-2003 traktirannya hanya berupa semangkok bakso ahhaha #koplak banget kan πŸ˜€
Well, tapi saya pantang bilang enggak. Semuanya tetep saya kerjain, minimal untuk nambah2 ilmu saya. Zaman2 dulu itu saya pernah ngerjain jurnal anak Farmasi (yang bahasanya aujubile susyah), trus punya anak Ekonomi juga, sampai punya anak Teknik, bwahaha… Anak SMA ngerjain begituan, pasti odong de! Ya emang, tapi hasilnya saya rajin banget buka kamus dan nemu banyaaaakkk… banget kata2 baru hihi…

Dan setelah sekitar 10 tahun lebih jadi translator (dan jadi instruktur Bahasa Inggris jugak!) saya mikir, kenapa ga saya bikin branding yang bagus terhadap “produk jasa” saya ini. Tentunya branding yang menjual! Bukanlah dengan nama “Lengga Pradipta”, tapi sebuah nama yang (menurut saya loh yaaaa…) akan bisa bikin orang “penasaran” tentang produk jasa saya. Uhm dan yang pasti NO ABAL ABAL!!! Hehehe
Yah berbekal kecintaan saya terhadap bahasa terbesar di dunia itu, trus les di LBA dari Step sampai Advance dan juga ‘pengalaman’ sotoy plus nekad berbahasa Inggris, saya cukup berani membuat Integrated Service Indonesia waktu itu. Saya cuma ingin “lebih” dihargai secara profesional saja dalam berkarya dengan mengusung nama lembaga. Soalnya, you knowlah, banyak banget orang anggap remeh soal beginian. Pas mereka kerjain sendiri, mereka gak bisa hehehe *bukan bermaksud menyentil siapapun* karena ya, walo google translate ada, tapi hasilnya akan berbeda jauh dari segi tata bahasa jika benar2 diartikan dan dilogikakan!!! And translating is NOT easy guys, bisa beda bgt bahasa mereka dengan bahasa kita.Β Jadi… kalau ada teman2 yang komen kalo Integrated Service Indonesia itu mahal, gak bisa diskon dan segala macamnya, hehehe… saya angkat tangan deh! Soalnya ilmu itu mahal teman… πŸ˜‰
Jadi, sorry guys, saya ga bisa kasih diskon! (kecuali sudah langganan ehhehe…) Tapi kualitas produk jasa saya bisa saya guarantee kok, Β silahkan tanyakan pada klien2 langganan saya, yang namanya ada di website ini, klik sajaΒ http://integratedserviceindonesia.wordpress.com/our-clients/

And kenapa juga ada jasa cek skripsi/thesis berbahasa Inggris, trus pembuatan proposal, tour guide dan story telling? Banyak amat, diborong semuanya… Im telling you guys, I love everything! Jadi I will do everything that I love! Mau apa aja ada! Dan sekali lagi bukan abal2. Thesis seorang dosen ISI Padangpanjang yang kuliah di Malaysia pernah saya cek, dan dia sangat menghargai saya dengan profesional. Trus, thesis nya 2 orang anak INRM yang pernah study di Thailand juga pernah saya cek. Kalo soal pembuatan proposal, itu awalnya karena saya seneng nulis aja… Dan sering ditolak juga ehhee… Tapi makin sering ditolak, saya makin nagih bikin proposal. Dan sudah pernah ada klien yang minta dibikinin proposal untuk sebuah perusahaan ke saya. Β Idenya dari mereka, saya cuma menuangkan narasinya saja. Uhhhmmm, kenapa ada tour guide jugaaa? No worries guys, saya tour guide bersertifikat kok, dan yang pastinya berpengalaman! Hohoo… di tahun 2008 saya pernah iseng2 ikut pelatihan jadi Pramuwisata Muda kota Padang, and I got the certificate! The legal documents are hereee! Jadi bwat ekspat2 cewek yang mau kliling Sumbar, wis monggo… Bisa pake jasa saya juga. Trus story telling (yang paling baruuu!!!) Hehehe lagi2 itu aji mumpung! Saya ditawarin jadi story telling instructor bwat Yayasan Xaverius Bukittinggi ketika mereka mau lomba di tingkat Nasional, and of course, I accepted that offered! Tentunya sebelum nekad itu, saya belajar dulu browsing2 dan liat youtube gimana cara ngajarin story telling! Hahahaa…

Tapi, jangan salah dulu! Saya ga kerja sendiri lagi sekarang. Sudah ada 2 orang staf yang bantu saya! Hehehe alhamdulillah bisa bantu orang lain juga πŸ˜‰
Mereka saya pekerjakan sesuai dengan project yang bisa mereka handle. Kalo mereka bisa kerja bagus, pastinya saya akan bayar salary mereka dengan fair πŸ˜‰Β But guys, jangan khawatir! Hasil akhir alias final touch dari smua project tetep akan berakhir di tangan saya. So, I guarantee you, you won’t be disappointed with the result!

Oiya, ini tampilan webpage Integrated Service Indonesia πŸ˜‰

969955_10200346189037535_186986666_n

Harapan saya sih, ke depannya Integrated Service Indonesia makin maju, nambah karyawan, trus ekspansi besar2an sampai Amerika! Untuk Asia, klien kami sudah ada. Yeeeaaah! Alhamdulillah… Doakan terus ya guys supaya sukses dan juga kalo ada apa2 just contact us! Tetep promooo…

Leave a Reply

