Dan Nama Saya Pun Tertera Disana…

Assalamualaikum

Sudah bulan April… Cepatnya waktu berlalu… Padahal masih banyak cerita di Maret yang belum saya tuliskan, yang belum saya utarakan. Padahal cerita bulan Maret itu adalah penanda langkah terbesar dalam hidup saya (menurut saya begitu). Mungkin banyak yang tidak ingat postingan saya berikut ini… (bahkan saya sendiri pun lupa!). Silahkan dilihat 2 postingan dibawah…

https://misspradipta.wordpress.com/2012/07/17/study-in-us-why-not-1/

https://misspradipta.wordpress.com/2012/07/18/study-in-us-why-not-2/

Kedua postingan diatas menggambarkan betapa bahagianya saya mengikuti acara beasiswa yang diadakan oleh US Embassy tahun lalu di Pangeran Beach Hotel Padang. Ya, ternyata sudah lama sekali saya “iseng” apply ke USA, tepatnya bulan Juli tahun 2012. Di acara itu saya memang sangat bersemangat sekali.
Tapi, waktu berlalu sangat cepat. Jujur, saya dulu pernah dikontak oleh orang US Embassy untuk mengirimkan skor TOEFL ke mereka dan berikut essay singkat kenapa saya tertarik belajar di US. Tapi yang gilanya, saya bahkan tidak ingat apa yang saya tuliskan di essay itu. Apa alasan logis saya untuk apply dan tertarik belajar di US saja saya benar2 lupa. Well, dulu saya sering berkirim e-mail dengan orang dari US Embassy itu. Tapi, buruknya saya lagi2… Gosh! I even don’t remember the name of the person that I ve been contacted with… Superbly crazy and silly me!!! *jangan ditiru ya*

Well, to be honest, impian untuk sekolah di Amerika sudah saya buang jauh2. Saya pikir, saya bukanlah mahasiswa brilliant ketika s2, saya bukanlah seorang mahasiswa yang cerdas, saya cenderung biasa2 saja. Dan menurut saya, Amerika adalah negara tujuannya orang2 brilliant. Dan itu bukan saya. Saya kubur impian untuk sekolah di Amerika dalam2. Lagian, sudah tidak ada lagi e-mail2 dari panitia US Embassy itu. Dan semakin lengkaplah asumsi saya waktu itu, saya gagal untuk sekolah di Amerika. Tapi saya tidak sedih waktu itu, saya pikir, saya akan apply ke Australia… atau setidaknya (kembali lagi) ke Thailand, tempat saya pernah study literature waktu s2 dulu. Itu saja impian saya ketika itu, tidak muluk2. Kenapa impian saya tidak muluk2. Heheh semuanya adalah karena saya sering ditolak oleh sekolah2 keren di luar negeri, tidak terhitung berapa banyak sekolah di luar negeri yang menolak saya mentah2 hahaha.

Saya pernah kontak professor di University of Otago New Zealand, dan saya ditolak… Kemudian saya juga pernah kontak professor di University of Bern di Swiss dan saya juga ditolak. Padahal saya sudah siapkan proposal peneilitiannya. Betapa menyedihkan kan? Hehehe… Terakhir, saya hubungi professor di University of Queensland di Australia dan beliau cukup welcome. Walaupun beliau bilang tidak ada scholarship dari kampus, tapi beliau oke untuk jadi supervisor saya. Ya, lagi2 saya harus putar otak untuk cari beasiswa, dan DIKTI-lah jalan satu2nya. Terakhir, saya kontak professor di AIT, Thailand, namanya Rajendra. Mr. Rajendra sangat-sangat-sangat welcome. Dan beliau bilang saya apply online ke AIT dan beliau bersedia dengan sangat terbuka untuk jadi supervisor saya.Β Dan karena itulah, impian saya hanya mentok di Australia dan Thailand. Tidak jauh2 dari itu.

Dan akhirnya, Kamis (28 Maret kemarin), seorang dosen saya (Prof. Yonariza) bikin postingan di facebook saya. Karena saya awalnya hanya men-cek dari tablet saya, maka saya tidak melihat keseluruhan postingan beliau. Saya hanya melihat tulisan “congratulations!”. Nah, saya berpikir, apa lagi ini… Saya tidak sedang ikut tes apa2. Kenapa ada ucapan selamat. Penasaran, akhirnya tengah malam saya buka tablet saya lagi, dan saya lihat dengan seksama postingan Prof. Yona itu. Ternyata oh ternyata, isi postingannya adalah ini…

http://www.dikti.go.id/wp-content/uploads/2013/03/Registrasi-Online-BPP-LN-Ditjen-Pendidikan-Tinggi-Tahun-2013-410E442013-21-Mar-2013.pdf

Saya buka pdf document itu dan saya baca dengan seksama… Dan nama saya tertera disana! Nama saya berada di nomor 68 dari 136 orang dosen di seluruh Indonesia yang dianjurkan untuk mendaftar online ke DIKTI. US Embassy mengabarkan kalau ke-136 dosen yang ada di lampiran itu sudah mendapat LoA dari universitas2 di Amerika. Ya Rabb… benarkah semua ini? Saya merasa semua bagai mimpi. Pintu gerbang nya sudah dibukakan oleh orang US Embassy, tinggal saya saja yang harus mendaftar online dan berjuang di DIKTI. Sujud syukur Ya Rabb… Terimakasih untuk semua karunia-Mu… Dan sekarang saya diliputi rasa galau luar biasa. Banyak hal2 yang harus saya urus… satu persatu… Saya hanya ingin dimudahkan dalam mengurus semuanya. Saya hanya ingin dilancarkan semua urusan saya…

Perasaan saya sekarang campur aduk. Di pelupuk mata saya bergantian muncul wajah Mama, Papa, Lintang, Abe dan Matahari. Jika saya benar2 lulus semua seleksi DIKTI, dan berangkat… itu artinya saya meninggalkan mereka. Ya Rabb, saya langsung pusing kalo ingat itu semua. Tapi, apapun itu, saya akan berpikir cepat dalam seminggu ini. Teman2 semua, doakan saya mendapat pencerahan ya, dan doakan semoga semua yang saya lakukan ini benar adanya. Amin Amin Ya Rabbal’alamin…

Semuanya, selamat bulan April, semoga semuanya semakin sukses! πŸ˜‰

2 thoughts on “Dan Nama Saya Pun Tertera Disana…

  1. uni_rika April 1, 2013 / 9:30 am

    congratulation lengga…..senang mendengar berita nya…semoga Allah mudahkan ya. I’m really happy to hear it… ^_^

  2. Miss Pradipta April 1, 2013 / 9:43 am

    Iya ka, makasi ya ka… Mudah2an ada jalannya… Beyond expectation nih ka… Tembakannya kemana, pelurunya nyasar kemana πŸ™‚
    Doakan terus supaya lancar ya…

Leave a Reply

