Antara Lanjut Studi dan Menikah

Assalamualaikummm!!!

Humm,,gw sudah sangat paham bahwa postingan ini akan menjadi top clicks lagi di blog gw, yap sangat paham sekali dan (tentu saja) siap2 menjadi kontroversi lagi! Tapi bodo’lah ya… Kalo mnurut gw, malah ini jadi refleksi yang baik bagi siapapun perempuan yang mau lanjut sekolah tinggi (entah itu Master or Doktoral) yang juga berada di persimpangan kaya gw sekarang. Hahaha… yaap… perempuan mapan, berumur diatas 25 tahun, dan “sangat” tergila2 dengan yang namanya sekolah, dan kemudian gamang ingin menikah. Hohoo… tentu saja itu bukan gw! #catet

Ini berdasarkan hasil diskusi dan pertanyaan seorang teman ke gw. Yuhuu, temen gw itu cewek, seorang dokter, dan lagi ambil s3 tentang kedokteran juga di Jepang (apaan gituh field study-nya, pokoknya dunia medis gitu deh!). And tetiba, kemarin nih, kita ngobrol cukup intens, dan dia tanya ke gw, what do I think about Ph.D or marriage… Nah loh, tumben2an dia nanya begitu…
Padahal sebelumnya, dia slalu support gw untuk kuliah s3 loh. Dan kita jaraaannggg…bgt bahas2 hal serius tentang marriage or something like that! Trus yah gw jawab aja, kalo emang udah ada pria yg ngelamar dia, yo weess… merito sajah, kan jarang2 ada pria “ajaib” yang bisa mengerti perempuan ‘stubborn’ yg hobi skolah di luar negeri (kaya gw n temen gw ituh)… Nah, gitu gw bilang ke dia. Nah dia tanya lagi, trus tanggung jawab nyelesein skolah ke keluarga dan ke pihak kampus gimana, katanya. Yah, gw bilang aja, kan bisa post-pone (cuti gitu) setaun, trus ntar lanjutin lagi, setelah berstatus “istri”. Itu jawaban gw ke dia, so simple, aite? (Iya simpel, mnurut gw blum tentu mnurut orang…)

Trus tau gak apa jawaban dia yang bikin gw superbly shocked at that moment??? She said,,, dia mau quit skolah s3nya, trus pulang ke Indo dan married. Whhuuaahhh!!! Gw bilang ke dia, yakinkah dia dengan hal itu? Berhenti kuliah s3, dimana banyaaak… banget orang yang pengen di posisi dia. And dia bilang 100% sure with her choice! Weekksss?! Kaget gw dong… Dia bilang, dia gak mau lagi melewatkan “pria”, yang kali ini dirasanya tepat. Dan dia sadar bahwa dia sayang sama pria itu. Oooww… gw langsung diem, dan cuma bisa bilang “baiklah”. Abis gw musti gimana dongg??? Gw ga ngerti karena gw ga di posisi dia. Tapi gw tahu satu hal, dan ini hal yang sama gw bilang ke dia… Kalo lw yakin dialah orang yang mengerti lw, dan dia berani proposed a.k.a ngelamar lw, then go for it. Jarang2 ada pria yang bisa mengerti cewe kaya kita yang hobi skolah dan hobi banget ‘berkembang’, so, kalo udah ada pria seperti itu, berarti prianya ‘amazing’. Jangan sia2kan. Itu aja yang gw bilang ke dia 🙂

Gw sebagai temennya, hepi banget kalo dia bisa menentukan dan memutuskan suatu hal besar di hidupnya, karena menurut gw, menikah itu berarti menyempurnakan agama. Dan Allah SWT sangat menganjurkan itu, hidup berpasang2an. Tapi yah, secara temen gw lagi s3, di Jepang pula, it means, dia harus siap dengan segala konsekuensi ke depan, yaitu meninggalkan kuliahnya (entah untuk sementara atau sampai kapan). Dan itu bukan keputusan yang gampang, disaat semua orang (bahkan hampir semua dokter di Indonesia memimpikan ingin seperti dia). But, its life. And life is a choice, right? Temen gw mungkin udah berpikir panjang dan dalam akan hal itu, gw cukup tau dia, dia ga akan gegabah dalam mengambil suatu keputusan. All I can do right now is, smoga dia bahagia dengan jalan yang dipilihnya apapun itu 🙂

Then the question will be asked for myself! Sekarang giliran gw yang tanya ke diri gw sendiri. Gw maunya lanjut studi s3 atau menikah? Huumm, gw sudah memikirkannya sangaattt… lama sejak tahun 2010-an gitu. Bahkan sampai sekarangpun pertanyaan itu kaya ‘nightmare’ bagi gw. Yap… Apakah gw benar2 ingin lanjut study s3 tanpa menikah terlebih dahulu? Jawaban gw, IYA. Gw ga tau apa “mahkluk” yang ngeracunin pikiran n otak gw, yang gw tau, gw SANGAT INGIN sekolah untuk saat ini. Boong kalo gw bilang gw ga pengen merit. Ya pengenlah… Tapi gw blum yakin aja. Gw butuh diyakinkan soal itu. Lagian, kasus gw sama temen gw itu rada beda, blom ada yang ngelamar gw untuk saat ini (well, dulu ada, mantan2 gw yang niat serius bahkan sampe bela2in kerumah ketemu Mama Papa bwat ngelamar, tapi apa boleh buat, keburu putus ditengah jalan karena ketidaksiapan gw). Dan yah gw juga tidak ingin memaksakan keadaan jikalau gw blum siap 100%. Menikah itu impian setiap orang and so do I… Tapi kalau belum dengan orang yang tepat, belum waktu yang tepat, gw ga berani. Gw ga berani ambil resiko itu. Biarlah gw matang dulu sampai gw benar2 siap dan bertemu orang yang tepat juga. Karena sekarang yang terbentang di depan mata adalah kesempatan untuk skolah, maka gw akan berjuang untuk itu 🙂

Nah, pasti smua yang baca postingan2 alay gw tanya, trus gimana dengan kisah antara gw, matahari dan meteor? Gak ada. Semua berjalan sesuai kehendak Yang Maha Kuasa aja. Simple. Gw ga jadi ketemu Meteor waktu dia ke Padang. Intinya gw ga bertemu muka. Titik. Menyakitkan? Yah begitulah. Tapi mungkin memang begini baiknya.
Lalu Matahari? Matahari tetep jadi orang terdekat gw untuk saat ini. Tempat berbagi semua hal. Titik. Soal status? Gw mah sebodo amat ama status2an. Gw sama dia awalnya berteman. Dan gw ga mau hal2 yang aneh2 mengintervensi hubungan baik itu. Kalo ditanya, sayangkah gw dengan Matahari. Gw akan jawab sayang, tapi gw gak akan menanyakan tentang hubungan ini lebih lanjut. Biar aja semua ngalir. Mungkin begitu lebih baik, right?

Jadi, soal lanjut studi apa menikah ini, biarlah keinginan dan impian gw menjadi mimpi yang harus direalisasikan. Tapi jikalau Yang Kuasa berkata lain, maka akan gw ikuti jalanNya. Gw percaya, apapun itu, pasti yang terbaik untuk gw nantinya. Amin… 🙂
So, bagi temen2 cewe lain yang juga mengalami hal yang hampir serupa dengan gw, gimana girls??? Mau lanjut studi apa menikah? Hehehe 😉

Leave a Reply

